STROKE merupakan penyakit gangguan saraf pada otak yang dapat melanda siapa saja. Termasuk anak muda yang memiliki riwayat keluarga, bahkan dia seorang perokok atau tidak menjalankan gaya hidup sehat yang begitu penting.

Ketua Perhimpunan Dokter Spesialis Saraf Indonesia (PERDOSSI) Prof Dr dr Mohammad Hasan Machfoed, SpS(K), MS mengatakan, stroke merupakan tiga besar penyakit akibat gangguan saraf. Sekira 75 persen terjadi akut dan tergolong salah satu penyakit degeratif yang berbahaya.

"Tiga penyakit saraf terbanyak yaitu nyeri kepala akibat insiden kecelakaan. Kalau sudah akut pasti jadi problemnya stroke," ujarnya di sela acara Temu Media Kalbe Academia 2017 di Pullman Hotel Central Park, Jakarta Barat, baru-baru ini.

Stroke, menurut dr Hasan, menjadi salah satu penyakit neurologi degeneratif yang mulai menjadi perhatian. Penyakit mematikan itu kini mulai menjamah ke populasi anak muda.

Penyebabnya risikonya karena gaya hidup tidak sehat. Sedari muda sudah rentan stres, kebiasaan merokok atau sering konsumsi makanan junk food.

"Faktor gaya hidup jadi nomor satu. Enggak heran kalau orang usia 40 tahun sudah kena stroke," tambahnya.

Dalam penyembuhannya, pasien stroke tidak dijamin dapat beraktivitas total kembali. Apalagi kalau kondisinya sudah lumpuh dan tidak menjalani fisioterapi sejak terdiagnosis. Waspadai ya!