Benda-benda Ini Sering Tertelan dan Terjebak Lama di Tubuh Manusia

Benda-benda Ini Sering Tertelan dan Terjebak Lama di Tubuh Manusia
Ilustrasi
Rabu, 08 Februari 2017 14:48 WIB
JAKARTA - Sekeping uang logam ditemukan telah bersarang selama 4 tahun di usus seorang bocah di Sukabumi. Selain uang logam, ada sejumlah benda asing yang kerap terjebak lama dalam tubuh manusia.Uang logam senilai Rp 500 ditemukan dalam usus Daniasis (13), putri kedua dari pasangan Marlis dan Elah di Sukabumi, Jawa Barat. Menurut pengakuan orang tua, uang logam itu tertelan sejak si bocah masih kelas 4 SD. Artinya, sudah 4 tahun uang tersebut bersarang di usus.

"Saat itu dia nggak langsung bilang, karena takut saya marah," tutur Marlis, dikutip dari detiknews.

Dalam catatan detikHealth, ada berbagai jenis benda asing yang sering terjebak lama di dalam tubuh manusia. Sebagian besar tertelan secara tidak sengaja, dan yang lainnya masuk melalui saluran lain termasuk saluran pernapasan.

Beberapa kasus yang pernah tercatat dalam jurnal ilmiah antara lain sebagai berikut.

1. Pulpen terjebak di lambung selama 25 tahun
Sebuah kasus unik tercatat di British Meducal Journal Case Reports. Seroang perempuan 79 tahun mengalami penurunan berat badan secara drastis dan diare parah, lalu dibawa ke rumah sakit. Ia didiagnosis diverculotis, yakni terbentuknya kantong kecil di usus.

loading...
Hasil pemeriksaan ultrasonografi menunjukkan adanya benda asing di dalam usus, dengan bentuk batangan memanjang. Saat diangkat, terungkap bahwa benda tersebut adalah sebatang pulpen yang tertelan 25 tahun silam. Saat diangkat, benda tersebut masih bisa digunakan.

Ads
2. Jepit rambut tertelan lalu terdampar di ginjal
Seorang bocah di Arab Saudi tak sengaja menelan jepit rambut. Sebenarnya tidak terlalu aneh di dunia medis, namun dalam kasus ini jepit tersebut melubangi usus lalu terdampar di ginjal.

Keberadaan benda tersebut di ginjal baru diketahui sekitar 3 bulan kemudian saat si bocah mengeluh sakit pada perut bagian kanan atas. Ia juga mengalami demam dan menggigil. Kasus tersebut dilaporkan dalam jurnal BMJ Case Reports.

3. Sikat gigi tertelan 1 tahun lamanya
Takut dimarahi adalah alasan anak-anak untuk tidak langsung melapor ke orang tua saat tak sengaja menelan sesuatu. Ini juga dialami Keshav Sahu, bocah 5 tahun di India saat menelan sebatang sikat saat sedang gosok gigi.

Orang tuanya baru menyadari hal itu saat si bocah mengalami keluhan nyeri perut. Saat melakukan pemeriksaan, dokter menemukan sikat gigi di rongga perut yang telah membuat 3 lubang di usus hingga melukai kandung kemih.

Editor:Sisie
Sumber:Detik.com
Kategori:SerbaSerbi
wwwwww