Apa itu Batu Amandel dan Bagaimana Cara Menghilangkannya?

Apa itu Batu Amandel dan Bagaimana Cara Menghilangkannya?
Ilustrasi
Rabu, 08 Februari 2017 14:12 WIB
JAKARTA - Pernahkah Anda merasa ada butiran putih kecil berbau yang kadang tak sengaja keluar dari dalam mulut? Bila iya, kemungkinan besar itu adalah batu amandel. Batu ini sebetulnya tidak berbahaya.Pembawa acara SciSchow, Michael Aranda, menjelaskan bahwa batu amandel berasal dari partikel-partikel kotoran yang terperangkap di bagian belakang mulut. Amandel di dalam mulut memiliki peran untuk melawan infeksi dan ketika banyak partikel kotoran terkumpul secara otomatis sel darah putih dihasilkan untuk menyerang karena dianggap mengancam.

"Amandel ini penuh dengan lubang lekukan yang tujuannya untuk mengundang bakteri masuk. Dengan demikian banyak sel imun yang dapat terpapar pada patogen-patogen potensial, mulai membangun respons imun untuk melawannya," kata Michael seperti dikutip dari kanal resmi SciShow di YouTube, Selasa (7/2/2017).

"Sayangnya ketika Anda memiliki lekukan-lekukan 'nyaman' ini untuk bakteri, banyak hal mulai dari sel mati, lendir, sisa makanan, dan partikel lain ikut terkumpul," lanjut Michael.

Kotoran yang terkumpul kemudian ikut diserang oleh sel darah putih. Pada akhirnya lama-kelamaan terjadi pengerasan hingga terbentuk lah batu amandel.

Menurut dr Alan Greene dari California orang yang sering memiliki batu amandel biasanya remaja atau mereka dengan amandel besar. Selain itu batu amandel bisa juga muncul pada orang yang jarang memerhatikan kesehatan mulut.

Pada beberapa kasus batu amandel dapat minimbulkan masalah iritasi serta bau mulut. Untuk menghilangkannya bisa dengan disapu memakai sikat gigi, berkumur-kumur pakai air garam, atau dengan cotton bud.

Bila batu amandel masih sulit juga dihilangkan maka disarankan agar seseorang menemui dokter spesialis telinga, hidung, dan tenggorokan (THT).

Ads
Editor:Sisie
Sumber:Detik.com
Kategori:SerbaSerbi
wwwwww