AUCKLAND - Pesawat komersial Qatar Airways QR920 telah melakukan penerbangan terpanjang di dunia selama 16 jam lebih 23 menit tanpa henti atau non-stop. Pesawat ini lepas landas dari Doha, Qatar menempuh penerbangan sejauh 14.535km dan mendarat di Auckland, Selandia Baru.

Pesawat lepas landas pada hari Minggu waktu Qatar dan mendarat di Auckland pada hari Senin (6/2/2017) pukul 07.25 waktu Selandia Baru.

Sesuai dengan tradisi internasional untuk penerbangan perdana, pesawat yang memecahkan rekor penerbangan terpanjang di dunia ini disambut saat tiba di Bandara Auckland dengan mandi air.

“Boeing 777-200LR jarak jauh melintasi 10 zona waktu pada penerbangan 16 jam lebih 23 menit,” kata pihak maskapai melalui Twitter. “Kami telah resmi mendarat di Auckland,” lanjut pihak maskapai, seperti dikutip IB Times.

Maskapai Timur Tengah ini menambahkan bahwa perjalanan penerbangan pesawat itu lebih lama dari perjalanan dalam kisah “Lord of The Rings” dan “The Hobbit Trilogies” yang difilmkan.

Saat terbang, Qatar Airways membawa empat pilot dan 15 anggota awak kabin. Selama perjalanan bersejarah ini, pesawat menyediakan 1.100 cangkir teh dan kopi, 2.000 minuman dingin dan 1.036 makanan.

Pihak maskapai mengklaim saat penerbangan terpanjang itu, semua kursi penuh. Yakni, terdapat 217 kursi ekonomi dan 42 kursi kelas bisnis.