JAKARTA - Saat hujan, pengguna perlu berhati-hati terhadap perangkat ponsel agar tidak terkena air. Tentunya, pengguna perlu ekstra hati-hati bila ponsel yang dimilikinya bukan ponsel tahan air. Diambil dari berbagai sumber, berikut ini tips menyelamatkan smartphone yang basah terkena hujan.

Jangan Hidupkan Ponsel

Ponsel pada saat terkena air, sebaiknya pengguna tidak menyalakannya. Dalam keadaan basah, berbahaya bagi handset apabila dinyalakan karena bisa merusak komponen kelistrikan.

Lepas Baterai

Saat posisi dalam posisi mati dan tidak dinyalakan, maka segera cabut baterai ponsel. Melepas baterai membuat ponsel lebih aman karena betul-betul menghentikan aliran listrik yang mungkin terjadi di dalam ponsel.

Segera Keringkan Ponsel

Apabila ponsel basah, maka keluarkan atau hilangkan seluruh air yang menempel pada bodi ponsel. Lepas casing dan baterai, dan mulailah mengeringkan bagian dalam ponsel dengan tisu atau kain kering. Hindari menggunakan hairdryer yang bisa merusak komponen smartphone.

Gunakan Beras

Selain menggunakan gel silica yang efektif menyerap air, pengguna juga bisa memanfaatkan beras. Beras berfungsi seperti gel silica, yakni menyerap kelembaban udara. Caranya, masukan handset yang basah ke dalam plastik atau toples, kemudian isi dengan beras sampai penuh. Diamkan minimal selama satu hari.