CUPERTINO – Setelah merajai pasar China selama lima tahun, iPhone akhirnya turun takhta. Menurut laporan yang dipublikasikanCounterpoint Research, Oppo R9 kini menjadi smartphone paling laris di China pada tahun lalu. Oppo R9 terjual sebanyak 17 juta dan memiliki 4 persen total pangsa pasar. Sementara itu, iPhone 6s hanya terjual 12 juta tahun lalu dengan 2 persen pangsa pasar di seluruh China.

Ini tentunya adalah berita buruk untuk Apple yang telah menaikkan jumlah unit yang dikirimnya ke Negeri Tirai Bambu tersebut. Seperti yang dilaporkan, Apple telah mengapalkan 465 juta unit iPhone dengan pertumbuhan 6 persen selama setahun.

“Apple dengan perlambatan traksi untuk smartphone andalannya iPhone 6S selama tahun lalu mengalami pertumbuhan negatif dua digit yang agak diimbangi dengan permintaan yang relatif sehat untuk smartphone lebih baru iPhone 7 di Q4 2016. Namun, Apple masih tetap dalam posisi rentan dan ada harapan yang lebih tinggi lagi untuk iPhone unggulan tahun depan yang dikabarkan akan membawa upgrade besar dari perspektif desain dan komponen," demikian isi laporan tersebut.

Pangsa pasar smartphone Apple di China turun menjadi 10,4 persen tahun lalu, turun dari 14,3 persen pada 2015. Oppo di sisi lain melihat total pengiriman smartphone di China tumbuh 109 persen dalam setahun. Pembuat smartphone China lainnya seperti Vivo dan Huawei juga melihat peningkatan yang signifikan dalam pengiriman mereka tahun lalu. Namun Xiaomi, melihat pengiriman yang menurun sebesar 22 persen.