Yee Sang, Salad Ikan Segar Sumber Kemakmuran

Yee Sang, Salad Ikan Segar Sumber Kemakmuran
Yee Sang kreasi Hotel Century Park Jakarta.
Rabu, 25 Januari 2017 10:15 WIB
JAKARTA - Tahun baru Cina atau Imlek akan hadir sebentar lagi. Salah satu menu wajib imlek adalah Yee Sang. Menu ini juga merupakan simbol kemakmuran.Executive Chef Century Park Hotel, Hernowo Goenanto, menjelaskan Yee Sang merupakan salad ikan segar ditambah irisan halus sayuran. Ikan yang digunakan bisa kakap putih, tuna dan salmon. Sementara sayurannya yang diiris memanjang adalah wortel, lobak, bengkuang, mentimun, sawi asin juga jahe yang sudah dimarinasi dan dibuat menjadi semacam acar sehingga tidak pedas.

"Kombinasi sayuran sehat tergantung masing-masing keluarga secara tradisi. Kalau suka banyak sayuran bisa ditambahkan," ujarnya kepada wartawan di Jakarta.

Selain itu ada pula gelatin atau bisa juga rumput laut aneka warna yang dibentuk seperti mi dan ditaburi wijen. Untuk mengonsumsi salad ini biasanya ditambahkan kacang tanah dan kulit pangsit. Bisa juga ditambahkan saus atau dressing berupa saus hoisin, chili garlic, black mushroom, dan sesame oil. "Untuk dressing disesuaikan dengan selera keluarga," ujarnya.

Ads
Menu Yee Sang dipermanis dengan buah pepaya yang diukir menjadi bunga. Juga ada daun salada. Minimal ada tujuh jenis makanan dalam satu Yee Sang.

Cara mengonsumsi menu ini sangat unik. Seluruh anggota keluarga berkumpul dalam satu meja melingkar ataupun persegi. Semua dibekali dengan sumpit. Lalu mengaduk Yee Sang bersama dalam satu wadah nampan besar yang sebelumnya telah diberikan dressing. Kemudian semua anggota keluarga mengangkat Yee Sang setinggi-tingginya. Semakin tinggi dan panjang sayuran dan ikan yang terangkat, maka rezeki semakin lancar semakin makmur. Saat mengangkat Yee Sang dengan sumpit harus dibarengi dengan doa masing-masing anggota keluarga. Makanan ini biasanya dijadikan sebagai menu pembuka.

Menurut chef Hernowo, menu ini merupakan menu sehat karena kaya akan gizi dari sayuran dan ikan segar. Makanan ini juga memiliki makna sebagai simbol kemakmuran dan kelimpahan. Juga simbol rezeki.

Selain itu, irisan panjang sayuran juga menunjukkan bahwa agar rezeki makin panjang. Sayuran dan ikan yang dicamput dengan minyak juga bermakna agat rezeki mulus, lancar dan licin seperti minyak.

Century Park Hotel, Senayan Jakarta, sebuah hotel bintang empat yang terletak di pusat kota Jakarta, menawarkan paket menarik untuk merayakan Tahun Baru Imlek. Salah satunya menyajikan aneka menu oriental khas Imlek.

Di restoran Dapour  yang ada di hotel ini, Anda bisa menikmati beragam menu oriental bebek peking, nasi ayam hainan, steamed soon hock (lazy fish), kakap putih dengan saus telur asin, udang dengan saus mayones, telur gulung dengan ayam dan daun bawang, tom yam seafood sup, tumis daging sapi dengan saus hoisin, nasi goreng pedas dengan ketumbar segar dan cabai, sampai Yee Sang.

"Untuk lazy fish atau ikan malas hanya akan ada di hari H," jelas Executive Chef Century Park Hotel, Hernowo Goenanto.
 

Editor:sisie
Sumber:Republika.co.id
Kategori:SerbaSerbi
wwwwww