Sejak mengeluarkan sistem operasi Windows 3.0, raksasa perangkat lunak danteknologi Microsoft selalu menyertakan permainan bernama Solitaire. Selain Solitaire, Microsoft juga mengeluarkan permainan lainnya seperti Minesweeper, Hearts, dan FreeCell.

Mereka semua sangat legendaris di dunia personal computer (PC). Jika dihitung-hitung, usia keempat permainan tersebut telah mencapai 13 tahun.

Namun meski selalu muncul di setiap komputer yang terpasang Windows, banyak pengguna yang tidak mengetahui tujuan sebenarnya Microsoft menyertakan keempat permainan tersebut.

Dan berikut ini adalah beberapa fakta menarik dan alasan Microsoft selalu memasang keempat permainan legendaris itu di setiap PC yang terpasang Windows.

Dirancang Bukan untuk Hiburan, Tapi...

Solitaire

Permainan-permainan tersebut dirancang bukan untuk hiburan tapi sebagai pelajaran. Yang paling tua, Solitaire, telah ditambahkan ke Windows 3.0 pada tahun 1990 untuk mengajarkan pengguna agar tangkas menggunakan mouse.

Solitaire dibuat dengan tujuan agar pengguna semakin 'melek komputer' karena teknologi mulai berkembang pesat dan menjadi isu utama saat itu.

Generasi baru dari pengguna komputer harus diajarkan karena banyak yang belum akrab dengan mouse. Mereka harus belajar bagaimana melakukan 'drag and drop' - sesuatu yang sekarang terlihat sangat sederhana tapi 'ribet' saat itu.

Minesweeper

Meski Solitaire yang utama, tapi Minesweeper juga memainkan peran penting. Permainan ini diperkenalkan saat Windows 3.1 dirilis pada tahun 1992.

Permainan ini dirancang untuk mengajarkan orang-orang menggunakan klik kanan dan kiri dengan lancar. Microsoft ingin orang-orang lebih cepat dan tepat saat melakukan klik kanan dan kiri pada mouse.

Cuma Tes Para Ahli IT

Hearts

Hearts juga bukan permainan dalam arti sebenarnya. Program ini ditambahkan pada tahun 1992 untuk memperkenalkan bagaimana berkomunikasi dengan pemain lain melalui jaringan.

FreeCell

Yang satu ini juga disertakan dalam paket Windows 3.1. Program ini sebenarnya untuk menguji sistem pembaruan Windows. FreeCell berkaitan dengan pemrosesan data dan hal-hal yang bersifat teknik lainnya.