Korban Tewas Salju Longsor di Italia 23 Orang, 6 Masih Hilang

Korban Tewas Salju Longsor di Italia 23 Orang, 6 Masih Hilang
Penyelamatan korban salju longsor di Italia (Foto: Vigili del Fuoco/Handout via REUTERS)
Rabu, 25 Januari 2017 17:59 WIB
ROMA - Jumlah korban tewas akibat salju longsor di Italia terus bertambah. Tim penyelamat kembali menemukan lima jasad lagi dari antara puing-puing sebuah hotel yang tertimbun longsoran salju.Brigade pemadam kebakaran nasional Italia menyatakan seperti dilansir Reuters, Rabu (25/1/2017), sejauh ini jumlah korban jiwa telah mencapai 23 orang. Disampaikan brigade pemadam, tiga jasad ditemukan di lokasi pada Selasa (24/1) malam waktu setempat, sedang dua jasad lainnya ditemukan pada Rabu pagi waktu setempat.

Sejauh ini baru 11 orang yang berhasil diselamatkan dari antara puing-puing Hotel Rigopiano yang ada di kawasan taman nasional Gran Sasso. Beberapa korban selamat berhasil bertahan hidup selama dua hari di bawah timbunan salju dan puing hotel.

Petugas penyelamat juga berhasil menyelamatkan tiga ekor anak anjing berusia 7 minggu dari ruang pemanas (boiler room) hotel yang ambruk. Temuan ini sempat memunculkan kembali harapan ditemukannya korban selamat dalam insiden ini.

Ads
Hingga kini sedikitnya enam orang masih dinyatakan hilang, setelah salju yang longsor akibat gempa bumi kuat menerjang bangunan hotel empat lantai itu pada 18 Januari lalu.

Otoritas setempat berjanji untuk mengkaji respons aparat tanggap darurat dalam menangani bencana alam ini. Sebuah pengadilan setempat di kota Pescara juga telah memulai penyelidikan terhadap hal tersebut.

Pengkajian ini terkait laporan media lokal yang merilis email dari manajer hotel tertanggal 18 Januari lalu kepada sejumlah otoritas setempat. Email itu berisi permohonan bantuan untuk membersihkan jalanan agar para tamu hotel bisa dievakuasi usai gempa melanda kawasan tersebut.

"Klien kami merasa terteror oleh getaran gempa," demikian bunyi potongan email yang dikirim sebelum longsor terjadi. Namun entah apa yang terjadi, tidak ada bantuan yang datang. Hingga akhirnya longsor terjadi, bantuan tak juga datang.
Editor:Fatih
Sumber:Detik.com
Kategori:SerbaSerbi
wwwwww