Boros Kuota Internet Ancam Kondisi Keuangan, Ini Strateginya?

Boros Kuota Internet Ancam Kondisi Keuangan, Ini Strateginya?
ilustrasi
Minggu, 22 Januari 2017 09:45 WIB
JAKARTA - Mengatur kondisi keuangan agar tetap sehat merupakan sesuatu yang susah-susah gampang untuk diterapkan. Apalagi jika tiap bulan terdapat pengeluaran yang sulit dikontrol. Salah satunya adalah pengeluaran untuk kuota internet.Jika sedang asyik berselancar di dunia jejaring sosial atau pun di situs pencarian, terkadang tanpa sadar kita menghabiskan banyak kuota internet. Kuota internet yang tadinya ditargetkan cukup untuk satu bulan akhirnya habis sebelum waktunya. Sehingga biaya untuk penggunaan kuota internal jadi membengkak.

Perencana Keuangan Andi Nugroho mengatakan, tak ada strategi khusus dalam menjaga kuota internet agar tidak membebani pengeluaran anggaran tiap bulannya. Dia mengatakan, hal yang mesti dilakukan ialah dengan membatasi dan disiplin dalam menggunakan kuota internet.

"Jadi penggunaannya lebih pada kebutuhan yang benar-benar urgentdan penting, semisal profesi kita memang pedagang online, maka kuota internet menjadi sesuatu yang wajib dan urgent, namun bila kebutuhannya hanya agar bisa eksis di medsos (media sosial) ya jadi bukan sesuatu yang wajib," katanya dihubungi Okezone.

Ads
Namun dirinya mengatakan, tidak tahu kebutuhan rata-rata tiap orang dalam menggunakan kuota internet. "Saya kurang tahu berapa kebutuhan rata-rata seseorang tiap bulannya untuk sekedar dapat eksis di medsos, tapi misalkan per bulan Rp 50 ribu," jelasnya.

Jika sudah mengetahui berapa rata-rata dana yang dikeluarkan per bulannya terkait penggunaan kuota internet, maka perlu diperhitungkan agar tidak melebihi dana yang dianggarkan.

"Maka kita berusaha mendisiplinkan diri apabila kuotanya sudah habis, ya tunggulah sampai dapat income lagi untuk mengisi ulang kuota tersebut, bila memang tujuannya adalah sekedar eksis di medsos," terang Andi.

Dia juga mengingatkan, bagi pengguna internet yang masih anak-anak atau remaja, kita perlu mengedukasi mereka agar tidak boros dalam menggunakan internet. "Hal ini juga dapat kita ajarkan dan beri pemahamannya juga kepada anak-anak kita, agar jangan kemudian menjadi terbuai dan boros kuota internet hanya untuk hal-hal yang kurang penting," tambahnya.

Editor:sisie
Sumber:okezone.com
Kategori:SerbaSerbi
wwwwww