Pelantikan Presiden Mana yang Lebih Ramai: Obama atau Trump?

Pelantikan Presiden Mana yang Lebih Ramai: Obama atau Trump?
Perbedaan suasana pelantikan Presiden Barack Obama (kiri) dan Presiden Donald Trump. pbs.org
Sabtu, 21 Januari 2017 12:13 WIB
WASHINTONG - Pelantikan Donald John Trump sebagai presiden Amerika Serikat ke-45 telah berakhir pada Jumat waktu setempat atau Sabtu 21 Januari 2017 waktu Indonesia. Hampir satu juta orang diprediksi menyambut pengucapan sumpah jabatan pria yang menggantikan Barack Obama ini.Namun, di antara keduanya, siapakah yang paling mendapat sambutan dari masyarakat?

Public Broadcasting Service (PBS) sebagai jaringan televisi penyiaran publik yang beranggotakan 345 stasiun televisi di 50 negara bagian AS, melansir dua foto untuk membandingkan antusiasme publik AS saat pelantikan Obama di periode pertamanya sebagai Presiden AS pada 20 Januari 2009 dengan momen yang sama bagi Presiden Donald Trump di hari Jumat waktu setempat.

Dua foto yang disajikan PBS adalah satu dokumen foto Reuters saat pelantikan Presiden Barack Obama yang disandingkan dengan rekaman kamera tayangan langsung TV Pool lembaga penyiaran publik AS, hanya beberapa menit jelang Presiden Donald Trump mengucapkan sumbah jabatan sebagai Presiden ke-45 AS. 

Awal pekan ini panitia penyelenggara pelantikan Presiden Trump mengatakan bahwa mereka memperkirakan sekitar 800.000 orang untuk hadiri perayaan pelatikan Presiden AS di National Mall, Washington DC. Adapun publik yang menyambut Obama dalam pelantikannya pada 2009 mencapai 1,8 juta orang.

"Kini antusiasme publik kurang dari setengah sebanyak 1,8 juta orang yang hadir saat pelantikan pertama Presiden Barack Obama pada 2009," demikian pernyataan panitia inagurasi Presiden AS.
Ads
Editor:Kamal Usandi
Sumber:tempo.co
Kategori:SerbaSerbi
wwwwww