Menteri Kebudayaan Korsel Ditangkap Terkait Skandal Presiden Park

Menteri Kebudayaan Korsel Ditangkap Terkait Skandal Presiden Park
Bendera Korea Selatan
Sabtu, 21 Januari 2017 11:40 WIB
SEUOL - Menteri Kebudayaan Korea Selatan Cho Yoon-sun ditangkap. Ia diduga menyusun daftar hitam seniman-seniman yang kerap mengkritik Presiden Park Geun-hye (64) terkait skandal korupsi. 

Dilansir Reuters, Sabtu (21/1/2017), jaksa menyatakan Cho merupakan menteri pertama yang ditangkap saat tengah menjabat. Menurut Pengadilan Distrik Seoul, penangkapan Cho dilakukan karena khawatir yang bersangkutan menghilangkan barang bukti. 

Kantor Kejaksaan Khusus yang menyelidiki dugaan skandal korupsi Park menyebut, pihaknya diminta oleh pengadilan pada hari Rabu (18/1) lalu untuk menangkap Cho. Selain Cho, ada juga perintah untuk menangkap mantan Kepala Staf Kepresidenan Kim Ki-choon. 

Cho dan Kim diduga melakukan penyelahgunaan kekuasaan dan sumpah palsu. Keduanya bersama-sama diduga menyusun daftar hitam aktor, penulis, dan tokoh budaya yang dianggap kritis terhadap pemerintahan Park. 

Atas dugaan tersebut, keduanya telah memberi bantahan di depan publik. Cho menyatakan telah lama mendengar adanya daftar tersebut namun dia menegaskan tak ada hubungannya dengan itu. 

Parlemen Korea Selatan telah meloloskan pemakzulan Presiden Park Geun-hye dalam voting yang digelar hari ini. Lebih dari dua pertiga anggota parlemen Korsel mendukung Presiden Park yang terseret skandal nepotisme ini, dimakzulkan.

Saat ini Park tetap bekerja di kantornya tapi sudah tak punya power dikarenakan pemakzulan. Ia masih menunggu keputusan Mahkamah Konstitusi atas skandal dugaan korupsinya. 
Ads
Editor:Kamal Usandi
Sumber:detik.com
Kategori:SerbaSerbi
wwwwww