8 Jenis Makanan yang Tak Boleh Diabaikan Kaum Pria

8 Jenis Makanan yang Tak Boleh Diabaikan Kaum Pria
Ilustrasi
Sabtu, 21 Januari 2017 12:16 WIB
Ada delapan jenis makanan yang memberi manfaat kesehatan untuk pria, begitu disebutkan ahli gizi Rob Hobson seperti dilansir Daily Mail:1. Sushi, salmon
Manfaat: Jantung, fungsi ereksi, kesuburan, mood atau depresi

Ikan berminyak seperti salmon segar, tuna, herring, makarel, trout, sarden dan salmon kaleng mengandung asam lemak omega-3. Asam lemak ini harus diperoleh dari makanan, itulah mengapa makanan ini penting untuk dikonsumsi. Lemak omega-3 paling disebut bisa mengurangi risiko penyakit jantung.

Penyakit jantung adalah penyebab utama kematian prematur di Inggris yang mempengaruhi lebih banyak pria daripada wanita. Dan salah satu tanda-tanda peringatan awal penyakit jantung adalah disfungsi ereksi - karena tubuh membutuhkan pasokan darah yang baik untuk ereksi.

Menurut Sexual Advice Association, pria usia 40-an yang punya disfungsi ereksi memiliki risiko 50 kali lebih besar terkena serangan jantung pada 10 tahun ke depan.

Tips: Coba makan satu atau dua porsi ikan berminyak setiap pekan, baik itu dipanggang atau diasapi.

2. Paprika merah, tomat
Manfaat: Kesuburan, kesehatan prostat

Paprika merah adalah salah satu sumber vitamin C terkaya, satu porsi (setengah paprika merah) menyediakan lebih dari 200 persen asupan harian yang direkomendasikan.

Biasanya makanan yang dikonsumsi pria sehari-hari mengandung cukup vitamin C, tapi asupan ekstra penting untuk mereka yang ingin memiliki anak karena vitamin ini membantu mencegah sel sperma menggumpal yang membuat seseorang jadi tidak subur.

Sayuran merah juga kaya likopen, jadi jangan lupa santap tomat, semangka dan jeruk bali. 

Tips: Coba santap makanan yang memiliki warna beragam setiap hari, termasuk seporsi sayur dan buah berwarna merah.

3. Kacang merah
Manfaat: jantung, kanker prostat, kesuburan

Kacang merah  mengandung banyak serat yang penting untuk pencernaan dan mengurangi risiko penyakit jantung, diabetes serta kolesterol tinggi.

Serat juga bisa mengenyangkan dan bisa membantu diet Anda sukses. Pria obesitas cenderung sulit memiliki anak karena kualitas sperma lebih rendah dari pria dengan berat badan ideal. Selain itu, obesitas juga meningkatkan risiko kanker prostat.

Tips: Masukkan kacang merah pada salad atau sup Anda. Coba ganti menu dari beras putih menjadi beras merah.

4. Kacang Brasil
Manfaat: Jantung, kesuburan

Kacang memiliki kandungan lemak yang sehat untuk jantung serta vitamin E, magnesium dan vitamin B. Lemak tak jenuh terbukti meningkatkan kadar kolesterol darah dan mengurangi risiko penyakit jantung. 

Magnesium juga baik untuk jantung karena membantu mempertahankan detak jantung teratur. Dikombinasikan dengan vitamin B, kacang bisa mengubah makanan yang Anda makan jadi energi.

Tapi pilih lah kacang yang mentah, bukan yang dipanggang kering. Kacang Brasil punya mineral yang sangat berguna bagi pria, selenium. Mineral ini terlibat dalam pembuatan protein yang ditemukan pada sperma dan darah yang lebih rendah pada pria yang jumlah spermanya sedikit.

Selenium juga bisa menjaga imunitas tubuh. Formasi dari enzim mineral itu membantu melindungi dari kerusakan radikal bebas yang menyebabkan penuaan sel.

Tips: Makan kacang Brasil sebagai camilan atau topping yogurt atau bubur. Tapi jangan makan dalam porsi berlebihan karena kacang mengandung kalori. Cukup konsumsi sekitar lima kacang Brasil atau 25 gram setiap kali makan.

5. Lean Beef Steak
Manfaat: Kesuburan, kesehatan prostat.

Steak yang baik menyediakan zat besi yang ditubuhkan tubuh setiap hari. Zat besi berfungsi untuk sistem imunitas, menyembuhkan luka dan perkembangan sel. Namun, jangan makan steak setiap hari, coba eksplorasi sumber lain seperti biji-bijian, sayuran hijau, kacang, jamur dan kerang.

Mineral ini juga penting untuk sistem reproduksi pria karena dipakai untuk menghasilkan hormon pria dan ditemukan dalam konsentrasi tinggi dalam sel sperma, jadi mineral ini penting untuk kesuburan.

Tips: Daging merah punya nutrisi tinggi, tapi batasi hingga tidak lebih dari 500 gram setiap pekan demi mengurangi risiko kanker usus.

6. Kerang
Manfaat: Rambut sehat, kesuburan, prostat

Kebotakan pada pria berhubungan pada hormon testosteron yang menyebabkan folikel rambut menyusut. Hasilnya, rambut jadi lebih tipis dan jadi sangat halus sehingga gagal menembus permukaan kulit. Sayangnya tidak ada makanan yang bisa mencegah kebotakan karena ini berkaitan dengan genetik. 

Meski demikian, asupan zat besi yang rendah dikaitkan dengan kerontokan rambut, jadi zat-zat ini penting agar penampilan tetap menarik. Zat besi juga penting untuk semua aspek sistem reproduksi pria, itulah mengapa pria butuh zat besi lebih banyak.

Kerang seperti udang dan tiram juga sumber baik untuk zat besi.

Tips: Makan udang sebagai pengganti daging. Udang yang sudah dimasak juga bisa jadi camilan kaya protein.

7. Telur
Manfaat: Menguruskan badan

Telur mengandung hampir semua vitamin dan mineral yang penting bagi tubuh. Studi menunjukkan orang yang makan telur untuk sarapan makan lebih sedikit sepanjang hari. Protein tinggi dalam telur membuat orang tetap kenyang sehingga tidak perlu camilan. 

Tidak ada batas berapa telur yang boleh Anda makan setiap pekan karena tidak terlalu berdampak pada kadar kolesterol.

Tips: Telur paling bagus disajikan untuk sarapan tapi ini bisa jadi pilihan lauk kapan saja.

8. Oats
Manfaat: Mood, jantung

Coba seimbangkan kadar gula darah dengan makanan kaya serat seperti oats. Makanan kaya serat bisa mengurangi risiko sakit jantung, diabetes, tekanan darah tinggi dan kolesterol.

Tips: Masukkan oats dalam smoothies sarapan atau topping pada makanan gurih.
Ads
Editor:Kamal Usandi
Sumber:antaranews.com
Kategori:SerbaSerbi
wwwwww