Ini Bahaya Pose Acungkan Dua Jari

Ini Bahaya Pose Acungkan Dua Jari
ilustrasi
Kamis, 19 Januari 2017 11:30 WIB
Apakah Anda termasuk orang-orang yang suka mengacungkan dua jari saat berfoto? Sebaiknya hentikan kebiasan itu mulai sekarang sebelum bahaya mengintai kehidupan Anda.Tim peneliti di National Institute of Informatics (NII)Jepang mengumumkan temuan baru yang mengejutkan. Ternyata berfoto sambil mengacungkan salam dua jari bisa mengarah kepada pencurian data sidik jari.

Informasi ini tentu saja mengejutkan. Pasalnya salam dua jari merupakan pose yang paling populer ketika melakukan foto. Sedangkan teknologi pengenalan sidik jari saat ini telah menjadi fenomena baru dalam memverifikasi identitas seseorang, seperti ketika mengakses ponsel pintar atau laptop.

Tapi laporan itu juga menyebutkan, kemajuan perangkat bergerak dengan kamera berkualitas tinggi, serta kemudahan mengakses berbagai foto di media sosial telah meningkatkan risiko bocornya informasi pribadi. Yaitu, melalui pencurian data sidik jari.

Ads
Tim peneliti di NII mampu menyalin sidik jari berdasarkan foto yang diambil dari jarak tiga meter dari subjek dengan menggunakan kamera digital.

" Hanya dengan membuat salam perdamaian di depan kamera, sidik jari dapat tersebar secara luas," kata Isao Echizen, salah satu peneliti NII kepada koran Sankei Shimbun pada Senin kemarin.

" Data sidik jari dapat dibuat jika permukaan jari mendapat pencahayaan yang kuat dalam foto," terang Echizen dalam wawancara dengan Yomiuri TV.

Dia menambahkan, teknologi keamanan canggih itu menjadi tidak berguna, karena siapa pun bisa dengan mudah menyalin sidik jari.

Tapi NII telah mengembangkan sebuah lapisan film yang mengandung titanium oksida transparans, yang dapat ditempelkan ke jari untuk menyembunyikan cetakan sidik jari.

Lapisan film ini mencegah pencurian identitas, tetapi tidak mengganggu sidik jari yang efektif dalam aktivitas verifikasi identitas, Sankei Shimbun melaporkan.

Editor:sisie
Sumber:dream.co.id
Kategori:SerbaSerbi
wwwwww