DAMASKUS - Pangkalan udara militer Suriah di Mazzeh, dekat Damaskus, dihujani rudal oleh pesawat jet tempur Suriah, pada Jumat dini hari. Serangkaian ledakan besar mengguncang pangkalan militer rezim Presiden Bashar al-Assad itu. Sementara ini, belum ada laporan korban cedera. Namun, sejumlah ambulans dikerahkan ke lokasi kejadian. Dampak kerusakan akibat serangan rudal Israel juga belum dilaporkan otoritas Suriah.

Sebuah video dari aksi serangan Israel yang diunggah online menunjukkan adanya sejumlah kebakaran besar di sekitar pangkalan militer Mazzeh. Sirene juga terdengar meraung-raung.

Kantor berita negara Suriah, SANA, melaporkan beberapa ambulans sudah bergegas tak lama setelah ledakan besar terjadi beberapa kali di pangkalan militer Mazzeh.

Pasukan Pertahanan Israel atau IDF tidak mengomentari laporan perihal aksi militernya di Suriah. Belum jelas penyebab Israel menyerang pangkalan militer Suriah.

Serangan militer Israel terhadap basis militer Suriah ini merupakan yang pertama kali dalam satu bulan terakhir. Serangan Israel sebelumnya terjadi awal Desember 2016 lalu.

”Pada pukul 03.00, musuh Israel menembakkan beberapa rudal dari wilayah yang diduduki,” tulis kantor berita SANA mengatakan, mengutip sumber militer Suriah, Jumat (13/1/2017). Laporan itu mengatakan rudal-rudal Israel menyebabkan kebakaran besar namun tidak ada luka atau pun korban tewas.

Masih menurut laporan SANA, rudal-rudal Israel ditembakkan dari posisi barat Tal Abu Nada, sebuah wilayah di Dataran Tinggi Golan yang oleh Israel dinamai Gunung Avital.

“Serangan rudal terhadap pangkalan udara Mazzeh bagian dari upaya putus asa oleh musuh Israel untuk mendukung kelompok-kelompok teroris dan meningkatkan moral mereka yang rendah,” kata seorang sumber militer Suriah.