Terbaru.. 'Mushroom Coffee' Ini Diklaim Lebih Sehat dari Kopi Biasa

Terbaru.. Mushroom Coffee Ini Diklaim Lebih Sehat dari Kopi Biasa
'Mushroom Coffee'
Rabu, 11 Januari 2017 10:00 WIB
Baru-baru ini muncul minuman kopi unik baru. Berbahan dasar jamur, mushroom coffee diklaim punya manfaat kesehatan.Jamur sudah umum jadi racikan masakan. Namun bagaimana jika jamur diolah jadi minuman? Tero Isokaupilla, pendiri Four Sigmatic, menemukan cara baru menikmati jamur.

Petani muda tersebut punya misi membuat kopi tersehat di dunia. Ia berinisiatif memadukan biji kopi dengan jamur kering yang sudah direbus dan dicairkan menjadi ekstrak. Ada yang memakai jamur Cordyceps, Lion's Mane atau Chaga.   

Hasilnya berupa produk kopi yang mengandung nutrisi dan mineral tambahan, lapor Food Republic (09/01). Kandungan kafeinnya 40 mg per gelas, sekitar setengah dari kopi biasa.

Berasal dari Finlandia, Taro mengatakan kalau orang di negaranya minum kopi lebih banyak dari bangsa lainnya per kapita. Bisa sampai 5 gelas sehari. Oleh karena itu ia ingin membuat kopi sehat.

Ia menyebut bahwa jamur justru bisa melawan efek samping kopi. Seperti gelisah atau rasa panas di perut. Tiap paket Four Sigmatic menggunakan biji Arabika bercitarasa ringan asal Amerika Tengah. Sehingga rasa kopinya tidak terlalu mengalahkan rasa ekstrak jamur.

Memang minuman ini tidak punya rasa pahit atau pekat yang sering diidentikkan dengan kopi. Tero mengatakan pemakaian kata jamur pada produk, tidak mengubah rasa kopi. Banyak review dalam situs resmi four sigmatic juga memuji produk itu dan menyebut tidak ada rasa jamur.   

Adapun cara membuat kopi jamur sangatlah praktis. Bubuk campuran kopi dan jamur itu tinggal diseduh dengan air panas. Seperti kopi hitam kebanyakan, mushroom coffee juga bisa diberi tambahan susu lalu dibuat jadi latte.

Meski begitu, mengubah pandangan orang mengenai tampilan dan rasa jamur merupakan tantangan terbesar bagi Tero. Padahal dikatakan rasa earthy jamur bisa melengkapi citarasa kopi. Memberi rasa lebih halus sekaligus kandungan tinggi antioksidan.

Kandungan lain dalam jamur bisa meningkatkan fokus dan kemampuan berpikir. Penelitian menyebut bahwa jamur baik untuk mengurangi kecemasan dan membantu kerja kelenjar adrenal.

Geranium, yang juga terdapat dalam jamur, memungkinkan tubuh menggunakan oksigen secara lebih efektif. Sekaligus mengurangi kerusakan yang disebabkan dari radikal bebas. Mencari kopi yang lebih menyehatkan? Mungkin Anda bisa coba kopi jamur ini.

Ads
Editor:Sisie
Sumber:Detik.com
Kategori:SerbaSerbi
wwwwww