Tanpa Modal, Alumnus Unair Dirikan Usaha Beromzet Puluhan Juta

Tanpa Modal, Alumnus Unair Dirikan Usaha Beromzet Puluhan Juta
Foto: Dok Unair
Minggu, 08 Januari 2017 10:15 WIB
JAKARTA - Dewi Arum Muqqadimah tak menyesal pernah menjadi mahasiswa manajemen pemasaran di Universitas Airlangga (Unair). Bagaimana tidak, berkat ilmu yang diperolehnya di kampus, kini gadis berhijab itu berhasil mendirikan usaha beromzet puluhan juta.Dewi menceritakan, tak punya modal sepeser pun saat memulai usaha. Awalnya, cewek berusia 24 tahun itu hanya mencoba memasarkan produk hasil karya tantenya, berupa barang-barang rajutan yang kebetulan sudah banyak tersedia di rumahnya.

Tanpa diduga-duga, barang dagangannya mendapat respons positif dari konsumen. Banyak pesanan yang ia terima dengan berbagai macam permintaan bentuk dan model rajutan, seperti tas, sarung ponsel (case), tempat pensil bahkan sepatu.
"Di awal pemasaran, saya masih sangat minim pengalaman dan pengetahuan tentang manajemen. Saya merasa kesulitan untuk menjual ke pasar dagang. Selain itu, saya juga kesulitan dalam mengelola keuangan," kenang Dewi dikutip dari laman Unair, Minggu (8/1/2017).

Produk rajutan yang kemudian diberi brand My Knitted Indonesia itu, kata Dewi, mulai dikenalkan ketika dia masih kuliah. Di setiap mata kuliah, Dewi dengan bangga selalu mempresentasikan produk rajutannya, sekaligus untuk memperkenalkan produknya kepada teman-teman maupun dosennya.

Ads
"Saya bersama tim waktu kuliah mengikuti business plan di Yogyakarta dan semua dibiayai kampus. Alhamdulillah, kami peringkat keempat tingkat nasional," tuturnya.

Setelah lulus kuliah dan serius menjalankan usahanya, kini mahasiswa Unair angkatan 2010 itu mampu menghasilkan omzet mencapai Rp20 juta per bulan. Dewi juga memiliki workshop rajut di daerah Ketintang Surabaya dan juga toko offline di ITC Mega Grosir Surabaya. Bahkan, ia juga sudah mendaftarkan My Knitted Indonesia pada Hak Paten Merk untuk Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) dan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).

"Saat ini sepatu rajut menjadi produk best seller di antara produk yang lain. Harapan saya ke depan produknya ini bisa berkembang menjadi perusahaan besar yang tersebar di seluruh Indonesia," tandasnya.

Editor:Sisie
Sumber:okezone.com
Kategori:SerbaSerbi
wwwwww