BERLIN - Sedikitnya 87 tank dan 144 kendaraan militer Amerika Serikat (AS) sedang dibongkat di pelabuhan Bremerhaven, Jerman. Ini adalah pengiriman terbesar dari brigade AS sejak jatuhnya Uni Soviet. Seperti dikutip dari BBC, Sabtu (7/1/2017), peralatan militer dan 3.500 tentara AS akan ditempatkan di sepanjang perbatasan timur NATO. Penyebaran ini bertujuan untuk menghilangkan kekhawatiran potensi agresi Rusia di Eropa Timur.

Meski begitu, sejumlah pihak menilai jumlah tentara dan peralatan militer yang begitu besar ditakutkan malah akan memperburuk ketegangan dengan Moskow. Para pemimpin sayap kiri daerah Brandenburg telah menyerukan pembicaraan lebih lanjut dengan Rusia. Bradenburg adalah salah satu wilayah Jerman yang akan ditempati oleh tentara AS dalam dua minggu ke depan.

Kedatangan peralatan dan pasukan ini menandai awal dari sebuah fase baru Operasi Atlantic Resolve AS, sebagai awalan dari kehadiran terus menerus tim brigade lapis baja AS di Eropa secara rotasi selama sembilan bulan.

Pasukan baru akan berkumpul pertama kali di Polandia, kemudian menyebar di tujuh negara mulai dari Estonia hingga ke Bulgaria. Sementara unit kantor pusat akan ditempatkan di Jerman.

Anggota NATO lainnya juga akan meningkatkan kehadiran mereka di Eropa Timur. Inggris akan mengirimkan jet tempur ke wilayah Laut Hitam. Sementara satu batalion tentara, tank dan kendaraan militer lainnya akan menyebar ke Estonia di musim semi, yang didukung oleh pasukan Prancis dan Denmark. Jerman juga berencana untuk mengirim pasukan dan tank untuk Lithuania.