Wajib Tahu Cara Benar dan Sehat Membersihkan Telinga

Wajib Tahu Cara Benar dan Sehat Membersihkan Telinga
Ilustrasi
Jum'at, 06 Januari 2017 13:15 WIB
ANDA sering merasa telinga sudah penuh dengan kotoran, jadi harus bersihkan. Lantas, bagaimana cara sehat membersihkan telinga?Apakah Anda sering membersihkan telinga? Pada dasarnya, telinga Anda tidak perlu secara khusus dibersihkan karena sudah mempunyai mekanisme sendiri untuk membersihkan kotoran.

Cairan kuning itu bukan kotoran

Kita sering keliru mengira earwax sama dengan kotoran telinga. Telinga Anda menghasilkan earwax, substansi yang berbentuk agak lengket dan berwarna kuning. Earwax berfungsi untuk mencegah infeksi, melembapkan saluran telinga, hingga melindungi gendang telinga. Strukturnya yang lengket membuat benda-benda asing seperi polutan, serangga, kotoran, yang masuk dalam telinga terperangkap sehingga tidak mengganggu kerja telinga. Telinga akan otomatis membersihkan kotoran saat kita berbicara, mengunyah, dan menggerakkan rahang. Earwax akan bergerak ke arah luar saluran telinga dan biasanya mengering lalu akan keluar dengan sendirinya dari lubang telinga.

Ads
Kesalahan yang sering dilakukan saat membersihkan telinga

Menggunakan cotton bud atau alat lain

Anda mungkin sering menggunakan cotton bud, pengorek telinga, bahkan penjepit rambut (bobby pins) untuk membersihkan telinga. Namun, cara ini dinilai berbahaya karena earwax akan berpotensi terdorong ke bagian dalam telinga. Hal ini menyebabkan earwax tidak dapat keluar dengan sendirinya dan terperangkap di dalam telinga. Earwax yang terjebak ini dapat menyebabkan infeksi karena bisa saja earwax membawa bakteri yang berasal dari luar telinga.

Mengorek telinga juga berpotensi melukai saluran telinga, dan dalam kasus yang lebih parah dapat merusak gendang telinga hingga menyebabkan rasa sakit, perdarahan, sampai kehilangan kemampuan pendengaran sementara.

Menggunakan ear candle

Prinsip dari ear candle adalah menggunakan lilin untuk mengangkat earwax dan kotoran lain yang terdapat di dalam telinga. Terapis akan memasukkan ujung lilin dalam telinga Anda dan menyalakan api di ujung lainnya. Dengan menggunakan api yang menyala, ini dipercaya dapat “menyedot” kotoran – kotoran yang terdapat di telinga Anda. Namun praktik ear candle ini mendapat banyak kecaman, terutama dari ahli kesehatan pendengaran. Tidak sedikit kasus kerusakan telinga yang disebabkan oleh ear candle. Misalnya, lelehan lilin yang malah masuk ke saluran telinga bahkan menempel di gendang telinga atau bagian telinga yang mengalami luka bakar.

Lalu bagaimana cara membersihkan telinga yang benar?

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, pada dasarnya telinga Anda memiliki mekanisme untuk membersihkan dirinya sendiri, sehingga kita tak perlu membersihkan sendiri bagian dalamnya. Tetapi jika karena satu dan lain hal terjadi penumpukan earwax yang mengganggu, Anda bisa coba beberapa cara berikut:

Gunakan tetes telinga

Tetes telinga dapat membantu untuk melunakkan earwax sehingga earwax dapat keluar dengan sendirinya. Beberapa jenis tetes telinga di antaranya hidrogen peroksida atau sodium bikarbonat. Obat tetes telinga bisa Anda temukan di apotek. Tetapi, jenis tetes telinga ini biasanya membuat kulit di bagian saluran telinga menjadi kering. Anda dapat berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter jika Anda memutuskan untuk menggunakan tetes telinga, karena penggunannya dapat bereaksi negatif terhadap mereka yang memiliki kulit sensitif atau memiliki kelainan pada telinga.

Lembapkan bagian dalam telinga Anda

Penumpukan earwax dapat terjadi karena bagian dalam telinga yang terlalu kering. Jika ini salah satu masalah Anda, Anda dapat melembapkan bagian dalam telinga dengan menggunakan olive oil atau baby oil. Anda bisa meneteskan beberapa tetes minyak ini ke telinga Anda yang bermasalah dan tunggu kira-kira selama lima menit. Penggunaan olive oil jarang menyebabkan alergi atau iritasi, tetapi membutuhkan waktu lama untuk earwax yang mengeras menjadi lunak lalu keluar dengan sendirinya. Anda mungkin harus mengulangi treatment ini beberapa kali secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Kapan Anda harus pergi ke dokter?

Jika Anda memang tipe orang yang secara natural memproduksi banyak earwax, Anda dapat pergi ke dokter untuk secara rutin membersihkan telinga Anda. Atau jika Anda tidak sengaja melukai telinga Anda dengan cotton bud dan merasa sakit pada bagian dalam telinga, Anda juga harus segera memeriksakannya ke dokter.

Editor:Sisie
Sumber:okezone.com
Kategori:SerbaSerbi
wwwwww