Taktik Pertamina Tingkatkan Keahlian Mekanik Muda

Taktik Pertamina Tingkatkan Keahlian Mekanik Muda
Foto: PT Pertamina Lubricants
Kamis, 05 Januari 2017 14:15 WIB
JAKARTA - Dunia otomotif dan perbengkelan merupakan urat nadi dan darah dari pertumbuhan industri pelumas di Indonesia. Sebagai produsen pelumas nasional, Pertamina Lubricants merasa peran bengkel dan mekanik khususnya telah memberikan manfaat luar biasa bagi konsumen, pertumbuhan ekonomi negara dan kemandirian masyarakat.Pertamina Lubricants percaya bahwa mengembangkan keahlian dan minat para tenaga muda produktif sangatlah penting untuk memajukan industri pelumas dan ekonomi masyarakat Indonesia secara menyeluruh.

PT Pertamina Lubricants melalui produk unggulan roda duanya, Enduro, telah meluncurkan kegiatan kewirausahaan tenaga muda produktif di wilayah Cilacap dalam program "Enduro Student Program" (ESP) bulan Juli yang lalu.

Kabar terbaru, para peserta ESP yakni 21 siswa berprestasi jebolan SMK otomotif unggulan di Cilacap sudah menyelesaikan tahap magang pada bengkel binaan Pertamina Lubricants. Untuk terus memicu motivasi para peserta, maka peserta dengan bengkel yang memiliki penjualan dan prestasi terbaik telah diberikan berbagai paket bekal mandiri yakni dengan paket perkakas, kompresor, dan oli senilai jutaan rupiah.

Saat ini, para peserta akan memasuki tahap kedua yakni kesempatan emas untuk belajar mengemas sebuah perencanaan bisnis dunia nyata perbengkelan.

Para peserta akan mengikuti pelatihan Business Plan Bengkel yakni sesi-sesi pelatihan motivasi dan inovasi serta strategi bisnis untuk dapat membangun dan mengelola bisnis dengan benar, lalu dilanjutkan dengan pelatihan bisnis berbasis komunitas. Diharapkan dengan pelatihan ini, para peserta dapat dengan mudah membangun bisnis sendiri secara mandiri dan turut membangun kemandirian masyarakat dan kesejahteraan ekonomi di Cilacap.

Para peserta juga akan mendapatkan product knowledge dan pelatihan pemasaran dan promosi dengan pemberian pemahaman atas pilihan pelumas yang tepat untuk kendaraan berdasarkan spesifikasi mesin serta kandungan pelumas. Mereka juga akan diajarkan mengenai tentang strategi marketing dan promosi produk-produk pelumas.

Sebelumnya, 21 peserta tersebut telah melalui tahap pelatihan perbengkelan teknis dan non-tekniks di Balai Latihan Kerja (BLK) Cilacap yang meliputi pelatihan ilmu teknik mesin motor, service motor, perawatan mesin, spare-parts, kelistrikan dan masih banyak lagi.

Siswa juga telah diberikan pelatihan wirausaha meliputi strategi dan inspirasi dalam menjalanan bisnis mandiri, taktik penjualan, pelayanan konsumen yang prima, team building dan wawasan mengenai pengelolaan limbah bengkel. Selain itu, Pertamina Lubricants juga telah bekerjasama dengan ILMA (Integrated Lubricants Management Academy) untuk memberikan product knowledge pelumas Pertamina dan semua ilmu tentang pelumasan secara mendalam.

Enduro Student Program adalah rangkaian kegiatan pelatihan dan kewirausahaan khususnya perbengkelan roda dua bagi siswa-siswi terpilih dari enam SMK Otomotif unggulan di Cilacap terkait dengan keberadaan Production Unit Cilacap (PUC) di wilayah tersebut.

Program pelatihan ini merupakan program khusus pendidikan perbengkelan roda dua dan magang / bekerja yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan bengkel, kewirausahaan dan lingkungan dan perencanaan bisnis. Program ini melibatkan 21 siswa berprestasi yang memiliki minat kuat dalam usaha mekanik atau perbengkelan dan memiliki mimpi untuk membangun kemandirian masyarakat melalui usaha bengkel.

Ads
Editor:Sisie
Sumber:Detik.com
Kategori:SerbaSerbi
wwwwww