Cegah Tragedi Zahro Express Terulang, Pelabuhan Harus Tiru Sistem Tiket Bandara

Cegah Tragedi Zahro Express Terulang, Pelabuhan Harus Tiru Sistem Tiket Bandara
Ilustrasi
Kamis, 05 Januari 2017 11:00 WIB
JAKARTA - Pengamat Transportasi Djoko Setijowarno mengatakan, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) harus membenahi secara menyeluruh terkait sistem transportasi laut agar peristiwa terbakarnya KM Zahro Express tidak terulang kembali."Kejadian yang serupa seperi KM Zahro Ekspres akan terulang lagi di lokasi yang lain, hanya nenunggu waktunya jika tidak dilakukan pembenahan menyeluruh di sektor transportasi laut," kata Djoko, Kamis (05/01/2017).

Djoko menambahkan, pembenahan transportasi laut dapat dimulai dengan cara memisahkan antara terminal penumpang, barang dan bahkan nelayan.
"Kawasan pelabuhan harus dipisahkan peruntukannya untuk terminal penumpang, terminal barang dan kemungkinan juga nelayan," imbuhnya.

Sementara itu, Djoko juga menyarankan agar transportasi laut meniru Stasiun Kereta Api dan Bandara yang menerapkan sistem tiketing sebelum memasuki area pelabuhan.

Ads
"Terminal penumpang di pelabuhan dapat dibedakan atas zona penumpang sebelum memiliki tiket, zona penumpang sudah memiliki tiket dan zona perpindahan atau transfer. Dapat meniru Stasiun KA dan Bandara yang sudah membagi zona seperti itu," pungkasnya.

Editor:Sisie
Sumber:okezone.com
Kategori:SerbaSerbi
wwwwww