JAKARTA - Tak cuma rasa manis, banyak orang yang juga hobi mengonsumsi makanan serba asin. Tak jarang saat makan pun ia akan menambahkan taburan garam.

Hati-hati, kebiasaan terlalu sering mengonsumsi makanan asin dapat memberikan dampak negatif bagi kesehatan lho. Selain menimbulkan sensasi kembung, kebanyakan asupan garam juga bisa bikin gemuk.

Seperti dikutip dari Men's Health, studi dari Australia menyebutkan bahwa orang yang makan pasta dengan saus asin mengonsumsi 11 persen lebih banyak kalori daripada mereka yang makan dengan jumlah garam lebih sedikit.

Menurut peneliti Russell Keast, PhD, peningkatan kadar kalori ini terjadi karena asupan garam yang berlebihan dapat 'menutupi' rasa kenyang. Akibatnya, Anda akan terus makan meskipun sebenarnya sudah kenyang.

Para penulis studi lainnya juga menyebutkan bahwa pada sebagian orang, konsumsi garam berlebihan dapat membuat makanan terasa jauh lebih enak, sehingga porsi makanan yang dikonsumsi pun meningkat. "Selain membuat nafsu makan meningkat, konsumsi garam berlebih juga memberi dampak negatif bagi kesehatan tubuh," ungkap Keast.

Semakin banyak asupan garam, semakin banyak natrium dalam tubuh kita. Salah satu efeknya adalah tekanan darah yang menjadi ikut tinggi. Menurut penelitian, mengurangi asupan sekitar 4,6 gram garam dapat menurunkan tekanan darah.

Risiko masalah jantung juga perlu diperhatikan. Sodium memang penting bagi tubuh kita, tetapi jika dikonsumsi berlebihan justru bisa berbahaya. Salah satu risikonya bahkan berkaitan dengan penyakit jantung dan pembuluh darah, yang berkaitan dengan penyakit jantung koroner, gagal jantung dan stroke.