MANADO - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sulawesi Utara berharap masyarakat mewaspadai gelombang 2,5-4,0 meter yang berpeluang terjadi di perairan Kabupaten Kepulauan Sangihe dan Kepulauan Talaud, Selasa, 03 Januari 2017.

"BMKG telah mengeluarkan peringatan dini gelombang sehingga diharapkan nelayan ataupun pengguna transportasi laut yang melintasi perairan tersebut berhati-hati," kata Kepala Stasiun Meteorologi Sam Ratulangi Manado, Fransin Pattynama.

BMKG juga mengeluarkan peringatan dini gelombang setinggi 1,25-2,5 meter yang diperkirakan terjadi di perairan utara dan selatan Sulawesi Utara, serta laut Sulawesi.

"Kecepatan angin permukaan yang bertiup dari arah barat hingga timur laut 5-20 kilometer per jam," katanya menambahkan.

Fransin menambahkan, kondisi cuaca di 15 kabupaten dan kota hujan ringan hingga sedang. Hujan ringan berpotensi terjadi di Kota Manado, Kotamobagu, Bitung, Tomohon, Airmadidi, Tondano, Amurang, Ratahan, Tahuna, Tutuyan dan Melonguane. Selanjutnya, hujan sedang di Lolak, Boroko. Molibagu dan Ondong.

"Kami juga berharap masyarakat mewaspadai hujan berintensitas sedang hingga lebat yang disertai petir di wilayah Kabupaten Kepulauan Sangihe, Kepulauan Sitaro dan Kepulauan Talaud," katanya.