JAKARTA - Polres Pelabuhan Tanjung Priok menangkap tiga orang pria yang melakukan pencurian Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis premium. Total sebanyak 245 liter BBM premium yang dicuri para pelaku tersebut.

Ketiga pelaku yakni Aris, Hendra dan Rudi Hartono. Kasat Reskrim Polres Pelabuhan Tanjung Priok AKP Dedi menjelaskan, ketiga pelaku ditangkap pada Kamis (29/12/2016) lalu.

"Para pelaku melakukan pencurian BBM premium di Dermaga PMB 3 PT Pertamina Marine Region 3 Jl Jampea No 1 Tanjung Priok, Jakarta Utara," ujar Dedi dalam keterangannya kepada detikcom, Sabtu (31/12/2016).

Para pelaku bergerak dari Dermaga Kalibaru ke lokasi dengan menggunakan perahu kayu bermesin diesel dengan muatan kosong. Mereka secara diam-diam, kemudian merapat ke Dermaga PMB 3.

"Kemudian mereka masuk ke area PMB 3 dengan cara merusak pagar pembatas besi, lalu membuka tutup pipa jalur BBM jenis premiun dengan menggunakan kunci pipa," lanjutnya
Setelah berhasil membuka pipa tersebut, para pelaku memasukkan selang ukuran sekitar 10 meter. Selang tersebut kemudian dihubungkan ke kapal kayu yang mereka bawa.

"Kemudian para pelaku menyedot BBM menggunakan mulut, sehingga BBM milik Pertamina tersebut berpindah ke kapal mereka," sambungnya.

Aksi pencurian ini dipergoki oleh petugas patroli speedboat sekuriti PT Pertamina. Petugas patroli tersebut kemudian mengamankan ketiganya dan menyerahkannya ke aparat Polres Pelabuhan Tanjung Priok.
Dari ketiga pelaku, polisi menyita barang bukti perahu kayu yang digunakan para pelaku, 245 liter BBM premium hasil pencurian yang berada di ruang dek kapal pelaku, kunci inggris, kunci pipa, selang, 6 jeriken kosong dan 2 corong.