DEPOK - Universitas Indonesia (UI) kembali meraih predikat Kampus Hijau Terbaik berdasarkan survei UI GreenMetric di Indonesia tahun 2016. Di urutan kedua dan ketiga menyusul Institut Teknologi Sepuluh November dan Institut Pertanian Bogor. Juru bicara UI Rifelly Dewi Astuti mengatakan pengumuman kategori Kampus Hijau Terbaik dilakukan pada Kamis 29 Desember 2016 di kampus UI Depok. Acara itu disaksikan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar, Dirjen Penelitian Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Muhammad Dimyati beserta Rektor Muhammad Anis dan Ketua UI GreenMetric Profesor Riri Fitri Sari.

"UI menjadi universitas yang mempunyai konsep hijau terbaik di Indonesia," kata Riffely dalam keterangan tertulis, Kamis, 29 Desember 2016.

Untuk hijau terbaik tingkat dunia berdasarkan UI GreenMetric World University Ranking 2016, yakni University of California. Sedangkan peringkat kedua dan ketiga adalah University of Nottingham, Inggris dan Waganingen University & Research, Belanda.

UI GreenMetric merupakan inovasi UI di internasional sebagai pemeringkatan perguruan tinggi pertama di dunia berbasis pengelolaan lingkungan hidup kampus. Tiap tahun terjadi peningkatan peserta perguruan tinggi di dunia dalam program ini.

Hal tersebut dapat dilihat dari peningkatan jumlah peserta UI GreenMetric Ranking of World Universities dari 407 perguruan tinggi dari 65 negara  menjadi 515 dari 74 negara. Di Indonesia ada 49 perguruan tinggi yang ikut berpartisipasi dalam UU Green Metric dan tengah mengupayakan kualitas kampusnya melalui pemenuhan indikator UI GreenMetric.