JAKARTA - Program Rp 50 juta per unit usaha merupakan salah satu 'jualan' cagub DKI Agus Yudhoyono dalam kontestasi Pilgub Jakarta 2017. Dia berkata akan melibatkan Kadin (Kamar Dagang dan Industri) untuk mengawal penyalurannya. "Kita bisa bermitra dengan Kadin, HIPMI, memberdayakan birokrasi yang Insya Allah saya pimpin, dan meyakinkan task force yang bertugas agar bergulir tepat sasaran, sesuai prioritas. Yang jelas terbuka, akuntabel dan bertanggung jawab, sehingga prosesnya berintegritas," kata Agus di Taman Sari, Jakarta Barat, Jumat (30/12/2016).

Agus menjelaskan, dana bergulir ini nantinya berbentuk pinjaman tanpa bunga dan diharapkan tepat sasaran. Dia berkata proses pinjamannya juga tidak sulit dan bertanggung jawab.

Jika suatu unit usaha berhasil, dana tersebut kata Agus harus dikembalikan sehingga dapat digunakan yang lain untuk membuka usaha baru.

Untuk pengguliran awal program Rp 50 juta per unit usaha, Agus akan mengalokasikan dana sebesar Rp. 1 triliun. Ini diharapkannya dapat membentuk 20 ribu usaha baru dan dapat menyerap 100 ribu pekerja.

Saat ditanya apakah setiap usaha akan diberi bantuan Rp 50 juta Agus menjawab diplomatis.

"Beragam, sesuai jenis usaha. Harus dielaborasi lagi oleh tim yang mendampingi," ujarnya.