Liburan Natal dan Tahun Baru? Ini Tempat Wisata di Sumut yang Wajib Dikunjungi

Liburan Natal dan Tahun Baru? Ini Tempat Wisata di Sumut yang Wajib Dikunjungi
Air terjun Sipiso-Piso Tongging terletak pada ketinggian air terjunnya mencapai 120 meter dan terletak dekat sekali dengan Gunung Sipiso-Piso.
Senin, 26 Desember 2016 17:04 WIB
Penulis: Darma Putra
Sumatera Utara (Sumut) terbentang dari panorama menarik yang terus dibicarakan oleh berbagai kalangan, baik itu dalam negeri hingga ke luar negeri. Seperti Danau Toba hingga hutan di Bukit Lawang yang menjadi tempat habitat sekelompok orang utan Sumut.Selain itu, kultur masyarakat yang terkenal dengan suku Batak di Sumatera Utara begitu unik dengan terpeliharanya warisan budaya dan tradisi leluhur di masa modern ini. Budaya dan tradisi Batak ini dapat Anda jumpai pada sejumlah desa adat dan menampilkan wajah asli Sumatera Utara yang sesungguhnya.

Kota Medan merupakan ibu Kota Provinsi Sumut. Dimana Medan merupakan kota terbesar ke-3 di Indonesia setelah Jakarta dan Surabaya, dengan komposisi masyarakat yang begitu heterogen dan plural dalam berbagai suku, agama, dan ras. Seperti perkampungan India di Medan yang dihuni oleh mayoritas bangsa India ini juga merupakan destinasi wisata sumatera barat menarik untuk di jadikan tempat tujuan traveling.

1. Danau Toba Sumut

Wisata danau Danau Toba merupakan danau vulkanis terbesar dan terluas di dunia. Popularitas wisata Danau Toba di Sumut ini telah dikenal hingga ke dunia internasional, memberi kontribusi yang positif terhadap perkembangan daerah dan kehidupan masyarakat di Sekitar Danau Toba.
 
Obyek wisata alam Danau Toba merupakan salah satu tempat wisata Danau Toba yang paling memikat dari Pulau Sumatera terutama di Provinsi Sumut dengan suasana dan udaranya sejuk menyegarkan, hamparan air jernih berwarna biru menghiasi bentangan Danau toba, dan pemandangan memepsona pegunungan hijau. Anda dapat menikmatinya dari berbagai spot yang ada di kawasan wisata yang ada di danau toba.

Di tengah danau ini, terdapat sebuah pulau yang tak lain adalah ikon kepariwisataan Sumatera Utara, yaitu Pulau Samosir. Salah satu cara terbaik untuk menikmati pesona danau terbesar kedua di dunia setelah Danau Victoria di Afrika ini adalah dari kota Parapat. Sebab, kota Parapat ini berada pada semenanjung yang menonjol ke danau. Anda dapat menikmati pemandangan danau dengan menyewa sepeda untuk berkeliling di sepanjang pinggiran danau, ini adalah kegiatan menyenangkan di Danau Toba Selain itu bisa yang bisa anda lakukan seperti melakukanan kegiatan berenang, olahraga air, hingga berkeliling dengan boat juga dapat Anda lakukan di sana. Jangan khawatir, terdapat banyak hotel, penginapan, hingga guesthouse di tempat wisata Sumut yang satu ini.
 
2. Istana Maimun
 
Istana Maimun adalah peninggalan Kerajaan Deli yang terkenal, sebuah istana berwarna kuning berdiri megah di tengah Kota Medan sumatera utara dan menjadi ikon kota tersebut. Anda dapat jalan-jalan di istana ini yang terletak di Jalan Brigjen Katamso Kecamatan Medan Maimun, Medan. Secara arsitektural, bangunan Istana Maimun didominasi warna kuning yang merupakan warna khas Melayu.
 
Saat memasuki tempat wisata di Medan ini, Anda dapat menyaksikan ragam koleksi peninggalan yang dimiliki istana di masa lampaunya. Beberapa di antaranya adalah koleksi foto sultan, singgasana sultan, hingga sejarah Kerajaan Deli. Untuk dapat masuk ke Istana Maimun, Anda harus membayar tiket masuk sebesar Rp8 ribu per orang. Istana ini buka untuk umum mulai dari pukul 08.00 WIB hingga 17.00 WIB. 
 
3. Bukit Lawang
Ads
Bukit lawang adalah sebuah tempat wisata di Sumut yang menyuguhkan wisata alam akan kegiatan penjelajahan hutan serta menyaksikan dari dekat kehidupan satwa di alam bebas. Bukit Lawang adalah sebuah perwujudan hutan tropis, terletak dekat pintu masuk Taman Nasional Gunung Leuser.

Kawasan wisata Bukit Lawang disukai banyak kalangan sebagai salah satu destinasi wisata alam yang menarik di Sumut. Tersedia banyak penginapan dan losmen. Kegiatan yang dapat dilakukan diantaranya trekking hingga rafting. Dari kota Medan, Anda perlu menempuh perjalanan selama sekitar 3 jam untuk dapat sampai di kawasan wisata Bukit Lawang ini.

Editor:Arif
Kategori:SerbaSerbi
wwwwww