Gempa Berpotensi Tsunami Guncang Chile, 4.000 Orang Diungsikan

Gempa Berpotensi Tsunami Guncang Chile, 4.000 Orang Diungsikan
Ilustrasi
Senin, 26 Desember 2016 11:00 WIB
SANTIAGO - Sebagian warga kota Quellon, Chile telah menyelamatkan diri ke daerah yang lebih tinggi setelah ada peringatan kemungkinan tsunami menyusul gempa berkekuatan 7,7.Gempa dengan magnitudo 7,7 itu mengguncang kuat di wilayah lepas pantai selatan Chile. Otoritas setempat sempat bahkan mengeluarkan kemungkinan adanya tsunami.

Gempa terjadi pukul 14:22 GMT di pulau Chiloe, sekitar 40 kilometer dari kota Quellon, kata Badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS).

Belum dilaporkan adanya korban jiwa akibat gempa. Namun, sekitar 4.000 orang telah dievakuasi ke tempat yang diyakini aman.

Lokasi yang terparah akibat gempa merupakan tempat kunjungan favorit para wisatawan. Sejumlah laporan menyebutkan beberapa ruas jalan dan jembatan mengalami kerusakan akibat gempa.

Menurut USGS, kedalaman gempa berada sekitar 34 km.

Badan nasional penanggulangan bencana Chile awalnya mengeluarkan peringatan adanya tsunami dan memerintahkan agar warga yang berasa di pinggir pantai di wilayah Los Lagos untuk dievakuasi ke tempat yang lebih tinggi.

Sejumlah warga Quellon dilaporkan telah dievakuasi ke daerah yang lebih aman sebelum peringatan adanya tsunami dicabut.

"Saya sudah tinggal selama 10 tahun di wilayah selatan dan tidak pernah merasakan guncangan keras seperti sekarang," kata seorang warga yang meninggalkan rumahnya.

Ads
Editor:Sisie
Sumber:kompas.com
Kategori:SerbaSerbi
wwwwww