Inilah Tips Lunasi Utang?

Inilah Tips Lunasi Utang?
Detik.com
Selasa, 20 Desember 2016 08:25 WIB
JAKARTA - Banyak orang yang merasa kesulitan saat melunasi utang mereka. Umumnya hal ini terjadi karena penundaan yang terus dilakukan. Bisa juga karena kemampuan finansial yang tidak memadai.

Salah satu solusi terbaik untuk menyelesaikan masalah utang ialah dengan memecahnya menjadi langkah-langkah kecil yang harus dilakukan, seperti menyicil.

Berikut ini merupakan beberapa cara mencicil utang dengan mudah yang bisa Anda lakukan
1. Membuat daftar utang
Mulailah dengan membuat daftar utang. Tulis semua utang yang Anda miliki pada catatan tersebut dan tentukan prioritas mana yang ingin didahulukan. Jangan lupa untuk mencantumkan suku bunga yang berlaku untuk setiap utang.

2. Menetapkan skala prioritas pembayaran
Setelah membuat daftar utang, Anda bisa membayar terlebih dahulu utang yang nominalnya kecil. Utang yang besar bisa Anda coba cicil agar bisa segera lunas. Anda juga bisa menyelesaikan utang dengan bunga yang tinggi terlebih dahulu, baru melunasi utang yang bunganya lebih rendah.

Jangan menunda pembayaran utang yang berbunga besar karena bisa membuat utang Anda semakin menumpuk. Para ahli merekomendasikan untuk membayar minimal dua kali pembayaran minimal. Tujuannya agar utang Anda akan selesai kurang dari tiga tahun.

3. Tidak menyelesaikan utang dengan utang lainnya
Saat sedang berusaha melunasi seluruh utang Anda, sebaiknya jangan menambah utang lainnya yang bisa membuat Anda semakin susah. Jangan asal belanja dengan menggunakan kartu kredit, atau jangan membuka kartu kredit baru. Selesaikan terlebih dahulu utang yang wajib untuk dibayar sekarang. Ingat, jangan menggali lubang lagi saat kita sedang berusaha menutup lubang.

4. Menyicil dengan nominal kecil secara periodik
Cara berikutnya ialah memecah saldo yang besar ke dalam pembayaran yang dikelola berdasarkan anggaran realistis yang telah dibuat. Anda bisa menetapkan tujuan realistis untuk melunasi sebagian dulu dalam sebulan. Daripada membayar langsung banyak dan tidak realistis, hal ini bisa jadi hal yang sia-sia belaka.

5. Tidak menggunakan kartu kredit
Di satu sisi, kartu kredit memang bisa memudahkan kita memenuhi kebutuhan yang sedang kita butuhkan. Namun di sisi lain, penggunaan kartu kredit juga bisa menjadi bumerang bagi diri kita sendiri. Jangan mudah terlena untuk berbelanja barang-barang yang sebenarnya tidak dibutuhkan. Bersikap bijak dan mampu mengontrol diri dalam berbelanja merupakan sikap yang perlu dilakukan.

Utang merupakan sebuah ikatan, tuntutan, dan kewajiban yang harus Anda selesaikan dengan segera. Jangan sampai anda terjerat dalam malasah ekonomi karena dampak dari utang-utang yang Anda miliki tersebut. Semoga bermanfaat.

Ads
Editor:Sisie
Sumber:Detik.com
Kategori:SerbaSerbi
wwwwww