4 Cara Pulihkan Semangat Saat Kantuk Melanda

4 Cara Pulihkan Semangat Saat Kantuk Melanda
kompas.com
Jum'at, 16 Desember 2016 15:58 WIB
Apakah Anda sering merasa ngantuk saat bekerja? Ketika ditinjau, kebanyakan orang yang mengantuk saat beraktivitas sehari-hari juga kekurangan waktu tidur yang nyenyak.Hal ini serupa dengan apa yang dikatakan Maryanne Taylor, seorang konsultan tidur asal London. “Studi menunjukkan bahwa kurang tidur dapat menyebabkan tingkat kewaspadaan, fokus, dan konsentrasi menjadi rendah,” katanya.

Bahkan, dia juga menjelaskan bahwa kurang tidur juga menyebabkan kemampuan seseorang berkurang dalam melakukan tugas, merencanakan, dan mengkoordinasi dalam kegiatan sehari-hari.

Untuk itu, berikut ini adalah beberapa cara yang patut dicoba saat Anda merasa kurang tidur:

1. Jangan terlalu banyak mengonsumsi kopi

Menurut Maryanne, sebaiknya Anda tidak mengonsumsi kafein, seperti kopi, teh, minuman bersoda, dan cokelat, setelah pukul satu siang. Hal ini dapat menganggu tidur Anda di malam hari.

2. Sarapan setiap pagi

Pastikan Anda sarapan, setidaknya buah, kacang, telur, atau roti, untuk pemanasan di pagi hari. Selain makanan ringan dan sehat, jangan lupa untuk mengonsumsi cukup air putih.

3. Makan siang di luar

Berikan waktu istirahat untuk mata dan tubuh dengan merasakan lingkungan di luar gedung.

“Tanda-tanda kurang tidur termasuk kecemasan, paranoia, psikosis, tingkat energi terlalu tinggi, agresi dan halusinasi. Hal-hal ini bisa dilawan dengan olahraga” ujar Maryanne.

4. Pertahankan jam tidur Anda

Maryanne menyarankan untuk membuat jadwal tidur yang konsisten dan menghindari menuruti rasa kantuk Anda di tengah pekerjaan.

“Bangun dan pergi tidur di waktu yang sama setiap hari membantu mengatur jam tubuh Anda sehingga lebih mudah untuk memproduksi hormon tidur melatonin di saat yang tepat,” ujarnya.

Makanan ringan yang dikonsumsi 30 hingga 60 menit sebelum tidur juga dapat membantu Anda untuk mendapatkan tidur yang lebih nyenyak.

Ads
Editor:Sisie
Sumber:kompas.com
Kategori:SerbaSerbi
wwwwww