MENCARI  kerja pada saat ini memiliki tantangan tersendiri. Kriteria calon tenaga kerja yang paling dicari perusahaan yang pastinya dia adalah tergolong anak yang pintar dan lulusan dari sebuah Universitar ternama, karena dengan memiliki sumber daya manusia yang pintar perusahaan tersebut akan dengan mudah mengembangkan visi dan misinya, selain itu tenaga kerja yang pintar memiliki banyak inovasi dan kreativitas untuk mengembangkan perusahaan menjadi lebih maju dalam bersaing dengan perusahaan lain. Tetapi, bukan hanya seseorang yang pintar saja yang dicari oleh sebuah perusahaan dalam mengembangkan perusahaannya. Ada beberapa karakteristik penunjang dari diri pelamar kerja yang dilihat oleh pihak perusahaan. Dan seseorang yang memiliki sifat dibawah ini sebenarnya adalah calon tenaga kerja yang paling dicari di Perusahaan, seperti dikutip dari BBC

1. Seseorang yang Penuh Rasa Ingin Tahu
Orang yang memiliki rasa ingin tahu yang tinggi ternyata sangat disukai oleh perusahaan yang sedang mencari seorang tenaga kerja. Karena calon tenaga kerja dengan karakteristik rasa ingin tahu yang besar dianggap akan lebih bisa mengeksplor pekerjaanya setelah nanti ia diterima di sebuah perusahaan. Inovasi-inovasi baru yang selalu dibutuhkan agar perusahaan berkembang dengan besar tidak akan tercipta jika tidak dimulai dari rasa ingin tahu yang tinggi terhadap sesuatu yang positif bagi perusahaan. Bagi Anda yang sudah bekerja, usahakan untuk selalu menggali terus bidang yang akan digeluti agar karir meningkat juga tidak cepat bosan dengan pekerjaan Anda sekarang ini.

2. Mempunyai Kecerdasan Emosional
Kecerdasan emosional berhubungan dengan emosi seorang tenaga kerja di dalam lingkungan perusahaan, bagaimana dia bisa berhubungan baik dengan sesama karyawan baik atasan maupun bawahan di kantor. Selain Kecerdasan intelektual, bijaksana dalam mengatur emosi juga dibutuhkan di perusahaan. Tidak heran, jika hampir semua perusahaan besar menguji pola kondisi emosi seseorang melalui tes tertentu. Jika seseorang hanya pintar namun kurang bisa mengendalikan emosi diri atau mengenali emosi orang lain, orang tersebut dianggap akan sulit diajak bekerjasama.

3. Mudah Beradaptasi
Kemampuan beradabtasi di lingkungan pekerjaan sangatlah dibutuhkan oleh seseorang tenaga kerja, supaya mereka dapat bekerja dengan nyaman dan mudah untuk bekerjasama dengan karyawan yang lainnya. Adabtasi di sini bukan hanya terhadap lingkungan kantor namun juga pekerjaan. Tak jarang seseorang harus bekerja di bidang yang baru dan tidak ia kenali sebelumnya sehingga harus belajar dari awal. Dalam hal ini, dibutuhkan seseorang yang mudah menangkap informasi dengan cepat. Karyawan dengan sikap seperti ini juga biasanya juga lebih disukai para atasan dan seniornya.

4. Mampu Bekerja di Bawah Tekanan
Tidak banyak seorang karyawan yang mampu bekerja di bawah tekanan, karena kebanyakan dari mereka tidak bisa mengendalikan emosi, stress dan akibat lainnya yang ditimbulkan dari tekanan-tekanan yang muncul dalam sebuah pekerjaannya. Meski banyak orang yang terkadang lebih kreatif ketika merasa tertekan, namun tidak semua karyawan bisa melakukannya.

Pada bidang-bidang tertentu, dibutuhkan seseorang karyawan yang performa kerjanya bagus dan tidak terpengaruh oleh stres dikerja deadline atau masalah lainnya. Tuntutan untuk sanggup bekerja dibawah tekanan atau under pressure berarti Anda harus bersedia bekerja ekstra keras untuk menghasilkan yang terbaik bagi perusahaan.

Perusahaan sangat menyukai karyawan yang dapat bekerja dibawah tekanan karena dengan begitu mereka dianggap mempunyai tanggung jawab dan peduli yang besar bagi perusahaan.