KUWAIT - Kejujuran pemuda bernama Juda Jamal Abdul Salam patut diteladani. Dia mengembalikan uang Rp346 juta yang ditemukannya di pinggir jalan.

Atas kejujurannya, pegawai perusahaan real estate di Kuwait itu mendapat hadiah tak terduga dari kantornya.

Juda diketahui mengembalikan uang tunai yang dia temukan di pinggir jalan. Dia pun sempat membuka tas itu. Alangkah kagetnya Juda saat melihat tumpukan uang tunai mencapai 6.600 Dinar Kuwait, setara Rp306 juta dan US$3.000, setara Rp40 juta.

Uang yang ditemukan Juda itu sama dengan 75 kali gaji yang diterimanya setiap bulan. Setiap bulan Juda menerima gaji sebesar 100 Dinar Kuwait, atau sekitar Rp4 juta.

Namun tindakan yang dilakukan Juda sungguh mulia. Dia membawa tas itu ke atasannya. 

Si atasan terkejut lantaran Juda tidak memilih mengambil uang itu. " Saat saya temukan tas itu, saya berdiri cukup lama menunggu si pemilik datang," kata Juda dilansir harian Kuwait Al Anba.

"Tetapi, tidak ada satupun yang datang dan akhirnya saya serahkan tas itu ke manajer perusahaan lalu saya katakan kepada dia tentang isi tas tersebut," ucap dia.

Sang manajer berusaha menguji kejujuran karyawan itu. Kepada Juda, sang manager menanyakan apakah ada orang yang melihat dia mengambil tas itu.

"Tuhan Yang Maha Kuasa yang mengawasi saya," ujar Juda.

Diganjar Hadiah Setimpal

Dua jam kemudian, seorang karyawan perusahaan pengiriman uang datang dan menanyakan apakah ada yang mengetahui tas uangnya yang hilang. Tas itu lalu diserahkan kepada pemiliknya.

Pengelola perusahaan tempat Juda bekerja sangat bangga dengan kejujuran dia. Akhirnya, mereka memutuskan menggelar pesta penghargaan mewah untuk Juda.***