Gempa Dahsyat Berpotensi Tsunami Terjang Solomon, Papua Nugini sampai Hawaii

Gempa Dahsyat Berpotensi Tsunami Terjang Solomon, Papua Nugini sampai Hawaii
medantribunnews.com
Jum'at, 09 Desember 2016 07:33 WIB
GEMPA bumi berkekuatan 7,8 pada Skala Richter mengguncang kepulauan Solomon, Jumat (9/12/2016) dinihari Waktu Indonesia Barat.Badan Surgeo Geologi Amerika Serikat (USGS) menyebut episentrum gempa berada 68 kilometer barat daya Kirakira, Solomon. "Gempa Jumat dinihari, pukul 04.30 waktu setempat dilaporkan mempunyai magnitud 8," tulis kantor berita News.com.au. Waktu Solomon lebih cepat empat jam dari WIB.


 "Gelombang tsunami diperkirakan akan muncul ke daratan, tiga jam setelah guncangan gempa. Gelombang diperkirakan sampai ke pantai Solomon, Vanuatu, Papua Nugini, Nauru, New Caledonia, Tuvalu dan Kosrae," demikian pernyataan Pasific Tsunami Warning Center.
 "Isu tsunami juga menyerang Kepulauan Hawai," tulis USGS

Kepulauan Solomon atau Kepulauan Salomo  sebuah negara kepulauan di Samudra Pasifik bagian selatan yang terletak di sebelah timur Papua Nugini dan merupakan bagian dari Persemakmuran.
Kepulauan Solomon menjadi negara merdeka pada 7 Juli 1978 dari Inggris.

Ibu kota Kepulauan Solomon terletak di Honiara, Pulau Gualdacanal, kota ini baru dibangun setelah Perang Dunia Kedua. Hampir sama dengan kota-kota di Pasifik Selatan berkembang setelah Perang Pasifik berkecamuk. Sebelumnya ibukota Solomon berada di Tulagi termasuk dalam Kepualuan Florida.

Ads
Negara kepulauan ini juga yang menformalkan pendirian negara-negara Ujung Tombak Melanesia, Melanesian Spearhead Group (MSG) pada 1988 di Port Villa Vanuatu.

Kepulauan ini sangat terkenal saat pecah Perang Dunia Kedua atau Perang Pasifik. Pulau Gualdalcanal.
 Luas Kepulauan Solomon adalah 28.450 KM persegi, sedangkan luas daratan hanya 27.540 KM persegi.

Negara ini terdiri dari enam pulau utama dan puluhan pulau-pulau kecil. Enam pulau utama itu adalah Gualdacanal, Malaita, San Cristobal atau Makira, New Georgia, Santa Isabel dan Choiseul atau Lauru. Pulau-pulau lain yang masuk dalam gugusan pulau Florida dan Russel, Shorland, Mono, Vella Lavella, Kolombangara, Ranongga, Gizo dan Rendova. Mayoritas penduduk di Solomon Island adalah Melanesia sebanyak 93 persen dari populasi penduduk.

Editor:Sisie
Sumber:medantribunnews.com
Kategori:SerbaSerbi
wwwwww