BANDA ACEH -  Aceh menjadi trending topic dunia di Twitter, Rabu (7/12), menyusul gempa yang terjadi di wilayah itu. Warganet ramai-ramai mendoakan bagi warga yang terkena musibah. 

"Teman-teman semua dimanapun berada, mari doakan saudara-saudara kita korban gempa di aceh. Semoga Allah memberikan kesabaran dan kekuatan," ujar Ketua MPR Zulkifli Hasan lewat kicauan di Twitter-nya. 

Ia juga menambahkan dengan tagar #PrayforAceh. Anggota DPD Fahira Idris lewat status di Twitter-nya mendoakan rakyat. "Pray for Aceh," ujarnya yang dituliskan dalam bentuk tagar. 

Gempa bumi berkekuatan 6,5 SR mengguncang wilayah Kabupaten Pidie Jaya, Provinsi Aceh pada pukul 05.00 WIB. Pusat gempa bumi terletak pada 5,25 LU dan 96,24 BT, tepatnya di darat pada jarak 106 km arah tenggara Kota Banda Aceh pada kedalaman 15 km.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Moch Riyadi mengatakan, guncangan kuat dirasakan di beberapa daerah, seperti Busugan, Meukobrawang, Pangwabaroh, Meukopuue, Tanjong, Meukorumpuet, Panteraja, Angkieng, dan Pohroh pada skala intensitas III SIG-BMKG (VI MMI). Menurutnya, daerah-daerah tersebut diperkirakan mengalami kerusakan parah.

"Seluruh wilayah ini diperkirakan berpotensi mengalami dampak gempa bumi berupa kerusakan ringan seperti retak dinding dan atap rumah bergeser," kata Riyadi dalam keterangan tertulis yang diterima Republika.co.id, Rabu (7/12).