ROKOK merupakan salah satu kebiasaan yang paling sulit dihilangkan. Tak sedikit perokok yang berusaha berhenti merokok, tetapi gagal. Ya, untuk berhenti merokok, dibutuhkan tekad dan kemauan kuat untuk menghentikan kebiasaan buruk ini. Berikut 10 tips jitu atasi kecanduan rokok yang bisa membuat Anda berhenti merokok salamanya.

1. Tunggu 10 menit

Setiap kali Anda merasa ingin merokok, katakanlah pada diri Anda untuk menunggu selama 10 menit dan lakukanlah hal lainnya. Hal ini pada akhirnya akan membuat Anda melupakan keinginan Anda tersebut. Lakukan dan ulangilah hal ini sesering mungkin.

2. Jangan tergoda

Buanglah jauh-jauh pikiran bahwa Anda hanya akan merokok satu batang saja. Bila Anda tergoda dan akhirnya mulai merokok, maka akan sangat sulit bagi Anda untuk berhenti. Dari satu batang rokok, Anda dapat meneruskannya menjadi beberapa batang hingga satu bungkus, yang pada akhirnya membuat anda kembali merokok.

3. Kenali pemicu

Setiap orang mempunyai kebiasaan yang berbeda mengenai kapan mereka biasa merokok. Bila Anda terbiasa merokok setelah makan atau saat menonton televisi, maka pada saat-saat inilah Anda akan merasakan keinginan yang kuat dan sulit ditahan untuk merokok.

Pada saat-saat seperti ini, sebaiknya Anda melakukan hal lain. Setelah makan, Anda dapat mengunyah permen untuk menghentikannya. Saat menonton televisi, Anda dapat menggantikan kebiasaan merokok anda dengan mengisap permen atau memakan buah-buahan.

4. Olahraga

Berolahraga dan tetap menyibukkan diri dapat membuat Anda melupakan keinginan untuk merokok. Berolahragalah selama 30 menit setiap harinya. Hal ini dapat membantu Anda mengurangi keinginan merokok.

5. Terapi pengganti nikotin

Saat ini telah banyak obat dan berbagai hal lainnya yang dapat digunakan sebagai pengganti nikotin pada rokok yang membuat Anda merasa terus ingin merokok. Berbagai jenis koyo nikotin atau permen dapat digunakan sebagai pengganti rokok.

6. Umumkan kepada keluarga dan teman

Umumkan kepada keluarga, teman, dan rekan kerja bahwa Anda sudah berhenti merokok, sehingga Anda akan mendapat dukungan. Sedikit saja dorongan dapat memberikan efek yang besar.

7. Rajin gosok gigi

Menggosok gigi secara teratur ternyata dapat menahan keinginan Anda untuk sebatang rokok.

8. Hindari alkohol

Hindari kegiatan yang dapat memancing keinginan Anda untuk merokok, seperti misalnya mengonsumsi alkohol.



9. Konsumsi buah

Makanlah buah dan sayur-sayuran tepat sebelum Anda merokok. Sebuah penelitian mengatakan mengonsumsi makanan ini akan membuat rokok Anda terasa memuakkan.

10. Sisihkan uang rokok untuk ditabung

Hadiahi diri Anda dengan menggunakan uang yang sisihkan dari tidak membeli rokok. Ingat, untuk menghentikan kebiasaan merokok, diperlukan kesadaran terhadap akibat buruk dari rokok bagi dirinya dan orang-orang di ekitarnya. (webmd/dokter.id/mirror/pojoksatu)