Miliki 6 Keahlian Ringan Ini Setelah Tamat Kuliah, Anda Akan Dicari Perusahaan

Miliki 6 Keahlian Ringan Ini Setelah Tamat Kuliah, Anda Akan Dicari Perusahaan
Ilustrasi calon karyawan. (okezone.com)
Sabtu, 19 November 2016 20:36 WIB
JAKARTA - Memiliki indeks prestasi kumulatif (IPK) tinggi, tidak jaminan lulusan kuliah bisa mendapatkan pekerjaan. Sebab, perusahaan membutuhkan karyawan yang juga harus memiliki soft skill untuk menunjang kariernya.

Dilansir Top Universities, berikut ini beberapa soft skill tersebut.

1. Kemampuan menulis

Ketika bekerja, kemampuan menulis menjadi sangat krusial. Namun, para lulusan perguruan tinggi masih sedikit yang mahir dalam kemampuan menulis. Tidak ada cara lain untuk meningkatkan kemampuan menulis selain banyak latihan. Oleh sebab itu, perbanyak membaca berbagai sumber supaya kamu punya memiliki banyak referensi dalam menulis berbagai topik yang berbeda.

Ads
2. Berpikir kritis

Berdasarkan survei, 60% pengusaha percaya bahwa mahasiswa tidak mampu berpikir kritis dalam menghadapi masalah secara efektif. Berpikir kritis sendiri berarti mempertanyakan dan mengevaluasi semua hal. Untuk itu, jangan hanya membuat asumsi tanpa mencari tahu faktanya terlebih dahulu.

3. Tangguh

Ketangguhan merupakan kekuatan untuk menghadapi kesulitan. Sayangnya, tak semua fresh graduate memiliki sifat ini. Dalam menghadapi masalah atau ketika melakukan kesalahan, jadikan itu sebuah pengalaman berharga dan jangan mudah patah semangat.

4. Public speaking

Kemampuan berbicara di depan publik penting ketika masuk dunia kerja. Sebab, hal ini merupakan cara karyawan untuk berkomunikasi dengan klien atau atasan. Selama kuliah, kemampuan public speaking bisa dilatih melalui bergabung di berbagai acara kampus, jadi juru bicara kelompok, atau volunteer. Semakin sering dilatih, maka kamu tak akan takut lagi melakukannya.

5. Teliti

Meski sepele, ketelitian menjadi skill penting yang wajib dimiliki setiap karyawan. Jika kamu pelupa, coba akali kekurangan tersebut dengan menuliskan hal-hal, termasuk jadwal penting. Dengan begitu, akan meminimalkan kesalahanmu sebagai karyawan.

6. Kepemimpinan

Di dunia kerja, tak menutup kemungkinan kamu akan diberi tanggung jawab untuk memimpin suatu proyek. Oleh sebab itu, kemampuan memimpin menjadi penting supaya kamu bisa menjalankan peran tersebut dengan baik.***
Editor:sanbas
Sumber:okezone.com
Kategori:SerbaSerbi
wwwwww