BANDUNG - Pimpinan pondok pesantren Daarut Tauhid Aa Gym memberikan nasihat agar hidup bisa menjadi tenang. Aa Gym menuturkan, banyak orang mencari ketenangan dengan berbagai macam cara. Ada yang membeli vila mewah di pegunungan. Ada yang liburan ke tempat-tempat terpencil. Ada yang mengumpul-ngumpulkan harta kekayaan karena mengira semua itu bisa membuatnya tenang di hari tua, dan berbagai cara lainnya.

Padahal, kata ia, Allah SWT berfirman, “Dia-lah yang telah menurunkan sakinah (ketenangan) ke dalam hati orang-orang mukmin supaya keimanan mereka bertambah di samping keimanan mereka (yang telah ada). Dan kepunyaan Allah-lah tentara langit dan bumi dan adalah Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana.” (QS. Al Fath [48] : 4)

"Sesungguhnya hanya Allah yang kuasa menghadirkan rasa tenang di dalam hati setiap hamba-Nya. Sekeras apapun manusia “membeli” ketenangan dengan hartanya, jika Allah tidak menghendaki, maka ketenangan itu tidak akan pernah hadir," kata Aa Gym dalam laman Facebook-nya, Rabu (16/11/2016).

Maka tidak heran kalau ada orang yang sudah kaya raya, tapi tetap saja gelisah. Ada orang yang sudah berlibur ke mana-mana, tetap saja tidak memperoleh ketenangan.

Mengapa? Itu karena ketenangan bukan pada berapa jumlah aset, berapa saldo di rekening, bukan pada tempat, melainkan pada hati.

"Dan, hanya Allah yang kuasa menghadirkannya di dalam hati kita. Karena Alloh yang menciptakan hati kita dan hanya Allah yang kuasa membolak-balik hati kita."

Bagaimana sakinah bisa datang? Allah Swt. berfirman, “..Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram.” (QS. Ar Ro’du [13] : 28). (rol)