Setelah Selandia Baru, Giliran Argentina Digoyang Gempa Dahsyat

Setelah Selandia Baru, Giliran Argentina Digoyang Gempa Dahsyat
Foto/Ilustrasi/Istimewa
Senin, 14 November 2016 11:32 WIB
BUENOS AIRES - Sebuah gempa dahsyat berkekuatan 6,2 SR telah melanda wilayah barat laut Argentina. Gempa ini terjadi hanya beberapa jam setelah gempa berkekuatan cukup besar melanda Selandia Baru.

Gempa terjadi pada pukul 08:00 pagi waktu setempat dan berpusat di sekitar 16 mil sebelah dekat perbatasan Chili.  Para ahli menyatakan pusat gempa berada di kedalaman 62 mil seperti dikutip dari Express, Senin (14/11/2016).

Gempa yang melanda Argentina masuk dalam kategori moderat dan bisa menyebabkan kerusakan besar berdasarkan skala Richter. Pihak berwenang di Argentina dan Chile mengatakan belumada laporan tentang kerusakan atau korban luka sejauh ini.

Gempa 5,7 SR juga terekam terjadi hanya beberapa mil sebelah utara dengan kedalaman 121 km. Peduduk desa melaporkan bahwa getaran dirasakan di provinsi-provinsi tetangga Catamarca, Tucuman dan Cordoba.

Otoritas seismik negara juga melaporkan tiga gempa bumi kecil pada hari Minggu.

Insiden ini mengikuti gempa dengan intensitas besar 6,4 SR yang terjadi pada awal bulan ini di Chile tengah, yang mengguncang gedung-gedung di ibukota Santiago. Dan sebelumnya, gempa berkekuatan 7,8 SR melanda utara dari Christchurch, Selandia Baru. Pusat gempa tercatat 57 mil timur laut di pantai timur dari Pulau Selatan Selandia Baru, yang telah dilanda tsunami. 
Ads
Editor:Kamal Usandi
Sumber:sindonews.com
Kategori:SerbaSerbi
wwwwww