Imbau Pendukungnya Hormati Hasil Pilpres, Hillary: Trump Harus Diberi Kesempatan Memimpin AS

Imbau Pendukungnya Hormati Hasil Pilpres, Hillary: Trump Harus Diberi Kesempatan Memimpin AS
Hillary Clinton. (republika)
Kamis, 10 November 2016 08:09 WIB
WASHINGTON - Calon Presiden Amerika Serikat dari Partai Demokrat, Hillary Clinton untuk pertama kalinya tampil di hadapan publik usai pemilihan. Ia mengatakan, calon Presiden AS terpilih, Donald Trump harus diberi kesempatan untuk memimpin.

Ia berharap, Trump akan menjadi presiden yang sukses untuk warga Amerika Serikat. "Kita telah melihat bangsa kita lebih dalam dari yang kita duga," kata Clinton seperti dilansir dari BBC, Rabu (9/11).

Clinton meminta para pendukungnya untuk menghormati hasil pemilu. Ia mengingatkan, konstitusi AS menjunjung tinggi transisi kekuasaan yang damai.

"Saya minta maaf bahwa kita tidak memenangkan pemilihan ini," kata Clinton.

Ads
Donald Trump akan menjadi Presiden Amerika Serikat ke-45 setelah hasil kemenangan menakjubkan atas Hillary Clinton. Trump akan melakukan serah terima jabatan dengan Presiden Barack Obama di Gedung Putih, Kamis (10/11) waktu setempat.

Obama telah mengucapkan selamat melalui telepon pada awal-awal proses perhitungan suara. Obama menilai, kemenangan Trump 'bukan rahasia'. Sebab, dirinya dan Trump memiliki perbedaan yang cukup signifikan.

Obama berpesan pada Partai Demokrat, untuk berbesar hati atas hasil pemilihan Presiden Amerika Serikat. "Kita Amerika Serikat, patriot pertama, kita semua menginginkan yang terbaik untuk negara ini," ujar dia.***
Editor:sanbas
Sumber:republika.co.id
Kategori:SerbaSerbi
wwwwww