JAKARTA - Terpilihnya Donald Trump sebagai Presiden Amerika Serikat (AS) dikhawatirkan bakal memperburuk hubungan AS dengan dunia Islam.

Demikian pendapat Ketua Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Din Syamsuddin. "Khawatir terpilihnya Donald Trump menjadi Presiden Amerika Serikat akan memperburuk hubungan Amerika Serikat dengan dunia Islam," ujar Din Syamsudin di kantor MUI, Jakarta, Rabu (9/11/2016).

Menurut Din, Donald Trump kerap melontarkan pernyataan yang menyudutkan umat Islam. "Memang ini jadi menimbulkan masalah baru, ketegangan antara Amerika Serikat dan dunia Islam yang selama ini ada masalah," ujar Din Syamsudin.

Hubungan Amerika Serikat dengan dunia Islam cukup terpuruk ketika Presiden George W Bush melancarkan kebijakan war on terror setelah kejadian 11 September 2001. Setelah George W Bush lengser, hubungan AS dengan dunia Islam agak membaik setelah negeri adi daya itu dipimpin Barack Obama.

"Sekarang ini Donald Trump, saya kira lebih parah daripada George W. Bush," ujarnya.

Selain itu, Trump juga sempat melontarkan pernyataan soal isolasi Amerika Serikat dari imigran tertentu. Din menyayangkan pernyataan itu karena pada dasarnya mayoritas warga AS saat ini adalah imigran dari luar wilayah Amerika.

"Kita lihat saja nanti, mungkin boleh jadi dia berubah pikiran setelah menjadi presiden, tidak seperti yang dia ucapkan selama kampanyenya," ujarnya.***