Puluhan Ormas Islam RI di Australia Ikut Mendemo Ahok

Puluhan Ormas Islam RI di Australia Ikut Mendemo Ahok
Demo ormas Islam Indonesia di Australia dan Selandia Baru di KJRI Sydney memprotes dugaan penistaan agama Islam oleh gubernur non-aktif DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama. Foto/KJRI Sydney
Minggu, 06 November 2016 18:12 WIB
SYDNEY - Sekitar 38 ormas Islam Indonesia di Australia dan Selandia Baru unjuk rasa memprotes dugaan penistaan agama oleh Gubenur non-aktif DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Demo berlangsung  di kompleks Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Sydney.

Konsul Jenderal Republik Indonesia di Sydney, Yayan Ganda Hayat Mulyana membenarkan adanya unjuk rasa itu.

”Pada tanggal 4 November 2016, kami telah menerima sejumlah perwakilan dari Aliansi Solidaritas Muslim Indonesia di Australia dan Selandia Baru. Maksud dari pertemuan ini adalah untuk menyampaikan pernyataan sikap aliansi terkait aksi damai mengawal pendapat dan sikap keagamaan MUI (Majelis Ulama Indonesia),” katanya, kepada Okezone, Minggu (6/11/2016).

Menurut Yayan, rombongan ormas Islam dipimpin oleh Cholidin Yacoob dari Ashabul Kahfi Islamic Center dan Bapak Lui Irfendi (CIDE). Kepada Yayan, kordinator aksi menyampaikan pertemuan seperti ini setidaknya dapat melegakan aliansi.

Yayan menegaskan, unjuk rasa berjalan tertib. Bahkan, kata dia, tidak ada pawai panjang di ruang publik yang disediakan di Australia, seperti demo besar yang terjadi di Jakarta.

”Kepada aliansi, kami sampaikan apresiasi karena sudah lebih memilih menemui kami daripada mengambil langkah aksi di tempat publik. Jadi kami mengajak mereka untuk doa bersama agar negara dan bangsa Indonesia diberkahi selalu kemajuan, kedamaian, kerukunan dan kebersamaan,” ujarnya.

Yayan meneruskan semangat persatuan Presiden Joko Widodo yang menjunjung tinggi kerukunan, kebersamaan dan sikap saling menghormati antarumat beragama. Nilai-nilai itu dipandang sebagai yang terpenting dalam konteks demokrasi Indonesia yang telah dan semakin mengakar kuat di masyarakat. 
Ads
Editor:Kamal Usandi
Kategori:SerbaSerbi
wwwwww