JAKARTA - Empat kapal perang Rusia dilaporkan telah merapat di Jakarta, tepatnya di pelabuhan Tanjung Priok. Keempat kapal perang itu adalah bagian dari Armada Pasifik Negeri Beruang Merah itu. 

Menurut keterangan Kementerian Pertahanan Rusia, seperti dilansir Sputnik pada Selasa (2/11), keempat kapal itu datang ke Jakarta sebagai bagian dari keterlibatan Rusia dalam Indo Defence 2016. 

"Armada Pasifik tiba di pelabuhan Tanjung Priok di Indonesia untuk berpartisipasi dalam Indo Defence Expo & Forum. Detasemen terdiri dari kapal Admiral Tributs yang dilenngkapi senjata anti-kapal selam, kapal perusak Bystry, kapal tanker utama Boris Butoma, dan tug boat Alatau," kata Kemhan Rusia.

Baca: Armada Kapal Induk Rusia yang Gemparkan Barat Tiba di Mediterania

Delegasi Rusia dalam Indo Defence sendiri akan dipimpin oleh Wakil Direktur Layanan Federal untuk Kerjasama Teknik-Militer (FSMTC) Mikhail Petukhov. Selain menghadiri Indo Defence, dia juga diharapkan untuk bertemu dengan para pejabat militer dan pasukan keamanan Indonesia.

Rusia dalam pameran yang digelar di JI EXPO Kemayoran itu akan menampilkan tempur SU-35, tank T-90S, rudal Buk-M2E dan kendaraan tempur BMP-3M, serta sejumlah senjata dan peralatan militer lainnya. 

Baca: Sistem Rudal AS Bikin Ciut Rusia