SURABAYA - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharinimenyarankan warganya untuk tidak memiliki cita-cita menjadi pegawai negeri sipil (PNS). Risma mengajak warganya untuk menjadi pengusaha sukses. 

"Kalau jadi PNS tidak bisa diwariskan, tapi kalau punya usaha bisa diwariskan ke anak cucu," kata wali kota perempuan pertama Surabaya ini saat acara road show Pahlawan Ekonomi di lapangan Kecamatan Pakal Surabaya, Minggu (30/10/2016).

Untuk sukses menjadi pengusaha, kata Risma, tidak harus langsung dalam skala besar, tapi melalui skala kecil atau usaha kecil menengah (UKM) lebih dulu.

Risma berjanji akan membantu mengembangkan UKM warganya semaksimal mungkin.

"Nanti Pemkot Surabaya akan mempermudah izin, menyediakanstand, hingga membantu melalui pameran di luar daerah hingga luar negeri," terang Risma.

Di era masyarakat ekonomi ASEAN saat ini, kata Risma, penduduk lokal Surabaya harus menjadi tuan rumah di negerinya sendiri. Jangan sampai kesempatan sukses justru diambil orang negara lain.

Apalagi, lanjut Risma, saat ini Surabaya menjadi daerah kedua tujuan wisata di Indonesia setelah pulau Bali. Berdasarkan survei salah satu media swasta, alasan wisawatan berkunjung ke Surabaya karena menjadi destinasi wisata pelesir dan wisata MICE (meeting, incentive, convention, event).