JAKARTA - Bella Devyatkina, bocah perempuan yang baru berusia empat tahun, membuat penonton dan juri tertegun. Dia bisa berbicara tujuh bahasa asing dengan lancar.

Video yang beredar luas sekarang telah membuat terperangah orang-orang di seluruh dunia. Apalagi setelah dia dengan mudahnya beralih bahasa asing di sebuah acara pencarian bakat 'Udivitelniye Lyudi' (Orang-orang Luar Biasa).

Selain bahasanya sendiri, Rusia, Bella juga lancar berbicara dalam bahasa Inggris, Jerman, Spanyol, Perancis, China dan Arab. Hebatnya, semua bahasa tersebut adalah enam bahasa resmi PBB.

Bagian yang paling luar biasa adalah bahwa Bella benar-benar mampu berkomunikasi dalam bahasa-bahasa itu, dengan pengetahuan yang melebihi kosakata sederhana.

Selama acara ia berhasil menjawab pertanyaan berdasarkan kurikulum sekolah di semua bahasa. Ibu Bella, Yulia, mengaku mulai mengajar putrinya bahasa asing sejak dua tahun. Dimulai dengan bahasa Inggris.

Namun setelah melihat reaksi Bella yang tertarik dengan bahasa tersebut, Yulia mulai menambahkan bahasa lain. Bella berlatih bahasa Inggris dengan ibunya dan dibimbing langsung oleh penutur asli untuk bahasa lain.

Tidak mengherankan, ahli bahasa sampai terkesan seperti halnya warga dunia lainnya yang menyaksikan video Bella.

Seorang ahli tata bahasa dan pakar bahasa berkomentar, " Hal seperti ini jarang terjadi namun pernah terjadi di masa lalu. Pusat-pusat bahasa di otak manusia bisa diaktifkan pada tahap perkembangan yang berbeda."

Ingin Jadi Putri Duyung

Bella tidak hanya mampu memahami instruksi dan menjawab pertanyaan, tapi dia juga bisa melakukan percakapan panjang.

Dia bahkan menyanyikan lagu dalam bahasa Spanyol dan penonton benar-benar kagum padanya.

Pakar bahasa itu percaya bahwa Bella tidak akan kehilangan pengetahuan, tetapi memperingatkan bahwa di beberapa titik kemampuannya itu bisa menjadi 'beku' jika dia tidak terus menggunakan dan mempraktikkannya.

Saat ditanya cita-cita, gadis imut nan luncu ini menjawab ingin menjadi putri duyung, seperti karakter favorit Disney Ariel. ***