Berjongkok di Pantai Miangas, Jokowi Basuh Muka dengan Air Laut

Berjongkok di Pantai Miangas, Jokowi Basuh Muka dengan Air Laut
Jokowi membasuh muka di pantai Miangas. (lp6c)
Kamis, 20 Oktober 2016 11:01 WIB
MIANGAS - Presiden Joko Widodo atau Jokowi berjongkok di pantai Miangas dan membasuh mukanya dengan air laut. Itu dilakukan Jokowi ketika berkunjung ke Miangas untuk meresmikan Bandar Udara Miangas, Kabupaten Kepulauan Talaud, Provinsi Sulawesi Utara, Rabu 19 Oktober 2016.Jokowi beserta rombongan mengitari pulau yang hanya berukuran 3,15 kilometer persegi itu. Jokowi yang masih mengenakan kemeja putih dibalut jaket, celana bahan, dan sepatu pantofel itu mendekati pantai dan langsung berjongkok. Dia kemudian mengambil air laut dengan kedua tangan dan membasuh wajahnya beberapa kali.

Pada kesempatan itu Presiden Jokowi mengatakan, Miangas bukan lagi pulau kecil, tapi sebagai pintu gerbang dalam dan luar negeri. "Karena pulau ini berbatasan langsung dengan negara tetangga Filipina," ujar Jokowi.

Jokowi mengatakan, Bandara Miangas bukan hanya sekadar bandara penunjang. Namun akan menjadi bandara terdepan NKRI di bagian utara sekaligus pintu gerbang distribusi pangan dan sandang.

Ads
"Ini untuk membuka akses perekonomian dan pariwisata di wilayah Kabupaten Kepulauan Talaud, khususnya Pulau Miangas," ungkap Jokowi.

BACA JUGA:

. Dipuji Jokowi, Jawaban Orang Terkaya China Jack Ma Sangat Mengejutkan

. Jokowi: Yang Dipangkas Dana Perjalanan Dinas, Belanja Barang dan Biaya Rapat, Bukan Infrastruktur

Ia menjelaskan konsep Nawacita membangun dari pinggiran itu dimaksudkan agar pulau-pulau terdepan menjadi beranda Indonesia. Bukan halaman belakang.

Karena itu, sambung Jokowi, pulau-pulau terdepan seperti Miangas betul-betul diperhatikan pemerintah dan terus akan dibangun. "Kita membangun di seluruh wilayah Indonesia, tidak hanya di wilayah Jawa dan Sumatera saja, tapi kita bangun Indonesia dari depan, pinggiran, dari perbatasan, dan pulau terluar," jelas Jokowi.

Bandara Miangas terletak di Pulau Miangas, yang merupakan salah satu pulau di gugusan Nanusa, Kecamatan Nanusa, Kabupaten Talaud, Provinsi Sulawesi Utara. Miangas merupakan pulau terluar di utara Indonesia yang berbatasan langsung dengan Filipina.

Jarak Miangas ke Filipina jauh lebih dekat, yaitu 48 mil laut, dibanding ke Melonguane, Ibu Kota Kepulauan Talaud, yang berjarak 129 mil laut.***

Editor:sanbas
Sumber:liputan6.com
Kategori:SerbaSerbi
wwwwww