LONDON - Angkatan Laut (AL) Inggris bersiaga untuk mencegat armada kapal perang Rusia yang dilaporkan akan memasuki wilayah perairan negara itu. Armada kapal perang bersenjata berat Rusia diketahui tengah melakukan perjalanan ke Suriah. Angkatan bersenjata Norwegia menangkap gambar dari armada kapal perang Rusia yang berlayar di lepas pantai, termasuk sebuah kapal induk, kapal selam dan kapal perang bertenaga nuklir. Ini terjadi hanya beberapa hari setelah AL itu bersiaga setelah terungkap bahwa Rusia berencana untuk mengirim armada kapal perang di sepanjang pantai Inggris untuk melakukan perjalanan ke Mediterania.

Dikutip dari Daily Mail, Rabu (19/10/2016), sebuah sumber dari Departemen Pertahanan mengatakan armada kapal perang Rusia berada di utara Skotlandia dan akan menuju ke arah Selat Inggris dalam beberapa hari. "Armada Rusia, yang meliputi kapal induk Admiral Kuznetsov, akan dikawal oleh kapal perusak," kata sang sumber.

Kemunculan armada kapal perang Rusia ini terjadi ditengah ketegangan antara Barat dan Rusia. Kremlin dinilai tengah memberikan pertunjukkan kekuatan tepat di depan Inggris. Dua kapal perang Inggris, mungkin HMS Duncan dan HMS Richmond, akan digunakan oleh AL Inggri untuk mengawal kapal tersebut melewati Inggris, seperti dilaporkan The Times melaporkan.

Kapal-kapal perang Rusia tersebut berangkat dari pelabuhan angkatan laut dari Severomorsk. Setelah tiba di lepas pantai Suriah, Admiral Kuznetsov diharapkan akan mengambil posisi di wilayah itu selama hampir setengah tahun.