Wanita Dilarang Melahirkan di Desa Ini, Alasannya . . . .

Wanita Dilarang Melahirkan di Desa Ini, Alasannya . . . .
Ilustrasi wanita hamil. (indiatvnews)
Sabtu, 15 Oktober 2016 15:32 WIB
BHOPAL - Sanka Jaagir, sebuah desa di Rajgarh, Madhya Pradesh, India, memiliki aturan aneh, yakni melarang para wanita melahirkan dalam wilayah desanya.

Desa Sanka Jaagir yang jaraknya sekitar 70 kilometer dari ibukota negara bagian Bhopal ini berpenduduk sekitar 1.200 jiwa. Keluarga yang tinggal di sini mayoritas masyarakat Gurjar.

Tetua desa mengisahkan bahwa lebih dari 50 tahun yang lalu dia terakhir kali melihat wanita melahirkan bayinya di dalam wilayah desa. Menurut kepercayaan masyarakat Gurjar jika itu terjadi, bayi yang baru lahir akan mati atau bayi itu hidup tapi kondisi tubuhnya cacat.

Menurut cerita yang diterbitkan oleh Jagran.com, penduduk desa percaya bahwa bertahun-tahun yang lalu, desa ini memiliki sebuah kuil yang didedikasikan untuk dewa utama Shyam Ji yang merupakan kepala suku daerah Rajput.

Ads
Untuk menjaga kesucian candi, para tetua desa memutuskan untuk mengirim kaum perempuan ke luar wilayah desa untuk melahirkan bayinya.

Istri Mau Melahirkan 'Diusir'

Dalam rangka untuk menenangkan dewa mereka, penduduk setempat dilaporkan bahkan tidak mengonsumsi minuman keras. Mereka yang melakukan itu tidak boleh masuk desa sampai mereka tidak mabuk.

Bahkan hingga sekarang kepercayaan tersebut tetap kuat dan para suami akan 'mengusir' istri mereka saat akan melahirkan bayi.

Biasanya para calon ibu itu meninggalkan desa mereka dan pergi ke rumah sakit di kota untuk melahirkan.

Namun kepala desa yang sekarang, Narender Singh Gurjar, ingin mengubah tradisi tersebut. Dikutip oleh bhaskar.com, Narender mengatakan akan membangun klinik bersalin dan pusat kesehatan masyarakat di Desa Sanka Jaagir dengan menyediakan fasilitas untuk melahirkan.***
Editor:sanbas
Sumber:dream.co.id
Kategori:SerbaSerbi
wwwwww