***Rufino Borrego, seorang pria di Portugal, terpaksa menghabiskan waktu 43 tahun di atas kursi roda. Dokter mendiagnosa Rufino mengidap kelainan distrofi otot pada kakinya. Diagnosa itu dikeluarkan saat Borrego berusia 13 tahun. Kala itu, dokter mengklaim kelainan yang menyerang Borrego hanya dapat disembuhkan dengan terapi di rumah sakit di Lisbon.

Lantaran tidak punya cukup uang, Borrego lantas menggunakan kursi roda. Dia berada di atas kursi roda selama lebih dari empat dekade.

Semua berubah saat dia bertemu neurolog pada 2010. Pakar tersebut melihat Borrego begitu menderita lantaran mengidap kelainan otot yang disebut myasthenia.

Hal mengejutkan kemudian terjadi. Kelainan tersebut ternyata dapat sembuh sangat mudah dengan meminum obat asma.

Setahun kemudian yaitu pada 2011, Borrego, yang kini berusia 61 tahun, akhirnya belajar berjalan. Dia lalu mengunjungi kafe favoritnya dan hanya butuh menjalani fisioterapi sebanyak dua kali.

Pemilik kafe yang kerap dikunjungi Borrego, Manuel Melao mengaku kagum. " Kami berpikir ini adalah keajaiban," kata dia.

Terkait apa yang telah dia alami selama ini, Borrego mengaku tidak dendam pada rumah sakit yang telah salah melakukan diagnosa. "Saya hanya ingin memanfaatkan hidup saya," ucap dia.***