KENTUCKY - Kabar mengejutkan datang dari lintasan balap motor jelang Grand Prix Spanyol bergulir pekan depan. Eks pembalap Honda, Nicky Hayden, dikabarkan jadi pembalap pengganti tim Marc VDS. Seperti diberitakan Crash, Sabtu (17/9/2016), Hayden dikabarkan jadi pengganti Jack Miller untuk tampil di Sirkuit Aragon, Minggu (25/9/2016). Hayden diplot jadi pengganti lantaran Miller kembali bermasalah. Pembalap Australia itu memang sempat absen di GP San Marino akibat cedera.

Kendati belum bisa dikonfirmasi, Miller diprediksi butuh waktu istirahat lebih banyak untuk bisa pulih. Setelah absen di San Marino, Miller pun kemungkinan absen di Aragon.

Nama Hayden sendiri mencuat lantaran juara dunia 2006 itu hampir turun di GP Inggris beberapa waktu lalu. Sayang, Miller yang mendapat cedera di Austria ketika itu dikonfirmasi sudah fit dan akhirnya turun di Silverstone.

Dengan Miller yang belum sembuh jelang GP Spanyol, maka Hayden kembali punya peluang tampil di kelas MotoGP lagi setelah sejak musim lalu hijrah ke Superbike. Jika akhirnya demikian, maka Hayden jadi pembalap Superbike kedua yang turun di kelas MotoGP tahun ini setelah Alex Lowes yang menggantikan Bradley Smith di Yamaha Tech3.

Terakhir Hayden menjajal motor pabrikan Honda RCV (dan ban Michelin) saat masih jadi pembalap Repsol Honda 2008 silam. Setelahnya, ia cabut ke Ducati selama lima musim, sebelum kembali gabung ke tim Honda yakni Aspar yang berada di konsesi kelas terbuka pada 2014 dan 2015.