MINA - Sekitar dua juta umat Islam dari berbagai negara di dunia telah memadati Mina untuk melaksanakan Wukuf di Arafah, Minggu (11/9). Mereka berkumpul di tenda-tenda yang didirikan sejak Sabtu, (10/9).

Dilansir Arabnews, Minggu (11/9) mereka terus mengumandangkan "Labbaik Allahumma Labbaik". Cuaca yang cukup ekstrem membuat fisik jamaah haji terkuras. Namun, tidak mempengaruhi semangat mereka melaksanakan ibadah wukuf.

Keamanan di sepanjang perjalanan dari Makkah ke Mina dilaporkan terkendali, tidak ada insiden. Ketua Komite Haji Agung, Putra Mahkota Mohammed bin Naif, mengucapkan selamat kepada Penjaga Dua Masjid Suci, Raja Salman, atas kesuksesan penyelenggaraan haji.

"Saya merasa terhormat pada hari ini diberkati untuk mengekspresikan salam hangat dan selamat kepada anda pada saat kedatangan, sukses. Dan peziarah aman melalui udara, darat dan laut untuk haji 2016," kata Naif

Konsul Jenderal India, Sheikh Noor Rahman mengakui perjalanan jamaah haji dari Makkah ke Mina berjalan lancar.  Pendingin di dalam tenda juga berjalan dengan baik sehingga tidak ada keluhan dari siapapun.

Wartawan TV Pakistan, Shaukat Piracha senang dengan pengaturan jamaah yang baik. "Pemerintah Arab Saudi telah melakukan persiapan yang sangat baik," katanya.***